counter

Leonardo DiCaprio beri kesaksian skandal 1MDB yang dikucurkan untuk "The Wolf of Wall Street"

Leonardo DiCaprio beri kesaksian skandal 1MDB yang dikucurkan untuk "The Wolf of Wall Street"

Leonardo DiCaprio (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Leonardo DiCaprio diam-diam memberikan kesaksian untuk penyelidikan skandal 1MDB yang melibatkan skema pencucian uang internasional yang diduga dipakai untuk danai film "The Wolf of Wall Street" (2013).

Leonardo DiCaprio telah memberikan kesaksian rahasia kepada dewan juri Washington, DC atas perannya dalam skandal korupsi bernilai miliaran dolar Malaysia yang menjerat bintang Hollywood, filmnya "The Wolf of Wall Street" dan perusahaan produksinya, Granite Pictures, menurut sebuah laporan, Jumat (4/1) di The Washington Post dikutip Hollywood Reporter.

Perwakilan dari sang aktor enggan segera menanggapi saat dimintai komentar, sementara juru bicara Departemen Kehakiman (DoJ) AS tak mau berkomentar pada media.

Kesaksian dewan juri diberikan secara tertutup, jadi tidak ada indikasi apa yang dikatakan DiCaprio. Seorang juru bicara DiCaprio pada 2016 mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa aktor tersebut mendukung "semua upaya untuk memastikan keadilan dilakukan" setelah DoJ pertama kali menghubungkan DiCaprio dan badan amal lingkungannya dengan skandal korupsi Malaysia.

Penyelidikan DoJ telah menyelidiki dugaan hubungan antara Yayasan Leonardo DiCaprio dan skema penggelapan dana Malaysia di mana lebih dari 3 miliar dolar AS ditarik dari dana kekayaan negara Malaysia bernama 1 Malaysian Development Berhad (1MDB).

Penyelidikan DoJ belum menargetkan DiCaprio, laporan Post menunjukkan bintang itu masih dianggap sebagai saksi dugaan konspirasi yang menggunakan hasil dari dana 1MDB guna membiayai film "The Wolf of Wall Street".

Eksposur sebelumnya yang diulas di THR memaparkan cara kerja yayasan DiCaprio dan mempertanyakan hubungannya dengan 1MDB dan kurangnya transparansi, serta hubungan antara bintang film dengan pengusaha Malaysia yang kontroversial Jho Low dan Riza Aziz, anak tiri dari perdana menteri Najib Razak, produser yang mendanai film "The Wolf of The Wall Street" yang diperankan Leonardo DiCaprio.

Koneksi DiCaprio ke skandal 1MDB dapat ditelusuri kembali ke Oktober 2009 dan hubungannya dengan Low.
Saat itu dia masih berusia akhir 20-an dan mendapat kucuran uang yang diklaim pemerintah bernilai 700 juta dolar AS yang diduga berasal dari dana 1MDB. Dia mulai belanja gila-gilaan, sering menghambur-hamburkan jutaan dolar di klub-klub A-list guna memikat para kawan selebriti.

Selain DiCaprio, Paris Hilton dan Jamie Foxx termasuk di antara yang saat itu kecipratan foya-foya DiCaprio, dan dia saat itu dilaporkan tengah berkencan dengan Miranda Kerr.

Baca juga: Polisi Malaysia pidanakan lima orang terkait 1MDB

Baca juga: Leonardo DiCaprio turut mengutuk Harvey Weinstein

Baca juga: Istri Najib Razak dikenai 17 dakwaan

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar