UMM dijadikan mahasiswa Thailand belajar budaya Jawa Timur-an

UMM dijadikan mahasiswa Thailand belajar budaya Jawa Timur-an

Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Rinekso Kartono (tengah memakai batik), Rabu (09/09/2019), menerima empat mahasiswa asal Thailand yang akan memperdalam budaya Jawa Timur-an di kampus itu selama empat bulan ke depan (ANTARA FOTO/HO-Humas UMM/antarajatim.com)

Saya senang bisa belajar sekaligus memperdalam budaya Indonesia, khususnya Jawa Timuran di UMM ini
Malang, Jatim (ANTARA News) - Sebanyak empat mahasiswa dari Khon Kaen University (UKK) Thailand akan belajar dan memperdalam budaya Jawa Timuran selama empat bulan ke depan di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Keempat mahasiswa KKU Thailand tersebut adalah Kanarwut Duangin, Mintra Wongwirat, Sittisak Kaeothanmanukun, dan Suparom Wongracha.

"Program ini memberi kami kesempatan mengenal Indonesia lebih dekat, serta belajar budaya di luar Thailand. Saya senang bisa 'short course' di Indonesia," kata salah seorang mahasiswa KKU Thailand Kanarwut Duangin di kampus UMM di Malang, Jawa Timur, Rabu.

Kehadiran keempat mahasiswa KKU Thailand itu dikemas dalam program pertukaran mahasiswa, di mana UMM diwakili oleh mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan. Mahasiswa kedua perguruan tinggi tersebut akan belajar di masing-masing negara selama empat bulan.

Selain belajar dan memperdalam budaya Jawa Timuran, mahasiswa KKU Thailand itu juga akan belajar tentang sistem pemerintahan di Indonesia.

"Saya senang bisa belajar sekaligus memperdalam budaya Indonesia, khususnya Jawa Timuran di UMM ini," tutur Duangin.

Sebelum memulai proses belajar, keempat mahasiswa asal Thailand itu diterima oleh Dekan FISIP UMM Dr Rinekso Kartono di ruang seminar FISIP kampus setempat.

Pada kesempatan itu Rinekso mengenalkan satu per satu lingkup dan suasana di setiap area yang ada di kawasan UMM yang akan menjadi tempat mereka belajar selama program pertukaran mahasiswa berlangsung.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMM Salahudin menjelaskan kerja sama antara UMM dan KKU Thailand akan lebih diperkuat dengan kolaborasi riset bersama. Hal ini sebagai langkah konkret Prodi Ilmu Pemerintahan untuk "go international".

Dalam program pertukaran mahasiswa tersebut, Prodi Ilmu Pemerintahan UMM mengirimkan enam mahasiswa terbaiknya. "Mahasiswa UMM juga belajar di Khon Kaen University Thailand selama satu semester. Kami berharap hadirnya program ini mahasiswa Ilmu Pemerintahan mampu belajar sistem belajar di luar negeri, sehingga akan mendukung proses belajar yang lebih baik ke depan," katanya.

Program pertukaran mahasiswa ini sebagai salah satu upaya dan wujud percepatan Prodi Ilmu pemerintahan untuk go international. Selain membangun kerja sama dengan Thailand, UMM juga telah menggandeng sejumlah perguruan tinggi dari berbagai negara untuk melakukan penelitian bersama maupun bidang lainnya yang mendukung dunia pendidikan.

Baca juga: UMM datangkan pengajar ahli dari Jepang

Baca juga: 19 mahasiswa UMM ikut "summer camp" di China

Baca juga: 3 mahasiswa UMM raih penghargaan guru teladan di Thailand

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar