counter

Kapolda minta masyarakat jaga kerukunan jelang pemilu

Kapolda minta masyarakat jaga kerukunan jelang pemilu

ilustrasi Polri (polri.go.id)

Banjarmasin (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani di Banjarbaru, meminta seluruh pihak dan masyarakat menjaga kerukunan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang dijadwalkan bulan April 2019.

"Jaga kerukunan, jangan sampai perbedaan pilihan dalam pemilihan umum menimbulkan konflik yang menyebabkan situasi kamtibmas tidak kondusif sehingga merugikan berbagai pihak," kata Yazid Fanani, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikan Kapolda saat melakukan kunjungan kerja ke rumah dinas Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani, yang menerima Kapolda didampingi Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan.

Selain itu, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Banjarbaru juga mendampingi wali kota saat menerima kedatangan orang nomor satu di jajaran Polda Kalsel itu.

Menurut Kapolda, pemilihan umum baik pemilihan presiden dan wakil presiden maupun pemilihan calon anggota legislatif merupakan agenda nasional sehingga harus didukung seluruh masyarakat.

"Pemilu presiden dan wapres juga Pemilu legislatif merupakan agenda nasional sehingga harus didukung seluruh pihak agar pelaksanaannya berlangsung aman, tertib, kondusif dan lancar," ucapnya.

Dikatakannya, perbedaan pilihan adalah sebuah hal yang wajar, namun jangan sampai menjadi pertentangan apalagi sumber konflik bernuansa SARA sehingga masyarakat yang menjadi korbannya.

"Hindari gesekan apalagi yang mengarah ke konflik antarwarga akibat beda pilihan dan pandangan politik. Semuanya harus mampu menahan diri sehingga suasana kondusif tetap terpelihara," ujarnya.

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani juha mengatakan, pihaknya akan menyampaikan pesan-pesan Kapolda kepada masyarakat sehingga mereka bisa berpartisipasi dalam upaya mewujudkan Pemilu yang damai.

"Kami juga selalu menyampaikan kepada masyarakat terkait Pemilu yang harus berlangsung aman dan damai walau berbeda pilihan. Jangan sampai menimbulkan konflik yang berujung perpecahan," tuturnya.

Baca juga: Kepala Polda Metro Jaya perintahkan jajaran siaga pengamanan Pemilu 2019
Baca juga: Panglima-Kapolri pimpin apel kesiapan pengamanan Pemilu 2019
Baca juga: Badan Pengawas Pemilu Bali petakan potensi kerawanan Pemilu 2019

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Turun ke jalan, Polda Kalsel bagi-bagi takjil

Komentar