Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan tim nasional U-16 dan tim nasional U-19 putra akan menjadi bahasan penting dalam kongres tahunan yang digelar di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1).

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono kepada Antara di Jakarta, Selasa (15/1), mengatakan, soal penting tersebut adalah mengenai konsep pembagian skuat timnas U-16 dan U-19 masing-masing menjadi tiga grup.

"Jadi pada tanggal 20 Januari itu PSSI lebih mengutamakan pembicaraan tentang konsep timnas U-16 dan U-19 putra, bukan pelatihnya karena pelatih cukup ditunjuk di level komite eksekutif," ujar Joko.

Rencana pembagian timnas U-16 dan U-19 ke dalam tiga grup ini didasarkan pada pertimbangan jumlah pemain yang melimpah di rentang umur tersebut.

Ada wacana, tiga grup itu dipecah berdasarkan wilayah.

"Ini belum detail karena konsep timnasnya terus digodok," tutur Joko.

Seandainya kongres menyetujui "grouping" timnas itu, artinya akan ada total tiga pelatih untuk satu timnas. Khusus untuk timnas U-16, salah satu nama pelatih yang sudah dipastikan memimpin tim adalah Bima Sakti.

Bima sendiri sudah ditetapkan sebagai pelatih timnas U-16 pada akhir Desember 2018.

"Kalau sistemnya tiga grup, maka Bima Sakti menjadi salah satu pelatih," kata Joko.

Sementara untuk timnas U-16 putri, PSSI menegaskan juga segera menentukan pelatihnya. Akan tetapi, yang paling penting dibicarakan dalam kongres adalah tentang pengembangan sepak bola putri Indonesia.

"Dalam kaitannya dengan sepak bola putri, kongres akan menekankan diskusi tentang membangun kompetisi," tutur Joko.

Baca juga: PSSI: Kongres tahunan bahas situasi terkini

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019