Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional U-22 Indra Sjafri menegaskan bahwa skuatnya tetap bertabur bintang dalam keikutsertaan di Piala AFF U-22 di Kamboja nanti, kendati ada anggapan umum bahwa absennya tiga pemain yang berkarier di luar negeri merupakan bintang utama tim.

Ketiga pemain tersebut adalah Egy Maulana Vikri yang bermain di klub Polandia Lechia Gdansk, Ezra Walian (RKC Waalwijk, Belanda) serta Saddil Ramdani (Pahang FA, Malaysia), dan mereka dipastikan absen dari Piala AFF U-22 karena tak mendapat izin dari tim masing-masing.

"Semua bintang kok...siapa bilang mereka bukan? Semua yang hadir ini bintang sepak bola Indonesia," kata Indra selepas memimpin pemusatan latihan (TC) Timnas U-22 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin.

"Kebetulan ada yang bermain di luar negeri dan itu sudah ada regulasi FIFA bahwa ini tidak wajib," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Susul Egy-Ezra, Saddil Ramdani juga absen perkuat Indonesia

Piala AFF U-22 memang bukan turnamen yang terdaftar dalam kalender resmi FIFA sehingga setiap tim memiliki hak penuh untuk menentukan apakah pemainnya diizinkan untuk membela negaranya ataupun tidak.

Pun demikian, Indra menjelaskan bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi lebih dini agar para pemain yang berada di luar negeri nantinya bisa bergabung membela Timnas U-22 dalam kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam pada Maret mendatang.

"Tapi nanti di AFC (Piala Asia U-23) karena itu agenda dari FIFA, dia wajib (ikut) dan makanya kita sudah jalin komunikasi dari sekarang," kata Indra.

Indonesia bakal mengawali kiprah di Piala AFF U-22 di Kamboja dengan menghadapi Myanmar pada 18 Februari.

Sebagai persiapan Garuda Muda bakal melakoni dua laga uji coba menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/2) dan Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (10/2).

Indra dalam beberapa kesempatan menuturkan bahwa Piala AFF U-22 sekaligus menjadi seleksi lanjutan menyongsong fase kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam, Maret.

Baca juga: Bhayangkara FC versus timnas U-22 digelar di Bekasi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019