Gorontalo (ANTARA News) - Sebanyak 30 personel Polres Gorontalo Kota melakukan penjagaan di tempat ibadah Tridharma Tulus Harapan Kita di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin malam, saat warga merayakan tahun baru Imlek 2570.

Kapolres Gorontalo Kota AKBP Robin Lumban Raja mengatakan pengamanan dilakukan sejak sore hari dimulai dari sterilisasi oleh anggota tim Gegana Brimob Polda Gorontalo.

"Kemudian, penjagaan pada malam ini, mulai pukul 21.00 WITA, masyarakat dari etnis Tionghoa yang merayakan tahun baru Imlek sudah mulai berdatangan ke tempat ibadah," ujarnya.

Ia mengatakan pengamanan dilakukan pada kegiatan hiburan, kemudian pawai barongsai, dan ibadah pisah sambut Imlek.

"Nanti tepat pukul 00.00 WITA akan ada kegiatan pesta kembang api. Kami dari Polres Gorontalo Kota akan mengamankan kegiatan ini hingga selesai," tegasnya.

Ia berharap kegiatan itu berjalan dengan lancar dan aman, dan dari masyarakat etnis Tionghoa dapat melaksanakan kegiatannya dengan tenang.

"Toleransi di Kota Gorontalo sangat yang luar biasa, dan harus terus dilestarikan. Kita ketahui bersama bahwa Gorontalo ini dikenal sebagai daerah serambi madinah, dan kita lihat juga secara langsung bahwa daerah ini adalah daerah yang sangat menghargai dan tinggi tingkat toleransi di dalam kehidupan beragama," kata dia.

Kapolres menambahkan perayaan Imlek di Gorontalo ramai disaksikan oleh masyarakat yang juga turut sama-sama membantu pihak kepolisian untuk tetap menjaga ketertiban selama kegiatan berlangsung.

Baca juga: Pontianak persiapkan perayaan Cap Go Meh

Baca juga: 200 lilin dinyalakan di Wihara Dharma Ramsi Bandung

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019