Serang (ANTARA News) - Perayaan Tahun Baru Imlek pada sejumlah lokasi di wilayah Provinsi Banten seperti di Wihara Metta dan Wihara Avalokitesvara di Kota Serang, Selasa, berjalan aman dan kondusif, namun tetap perlu waspada terhadap ancaman gangguan keamanan.

"Sejauh ini berjalan aman dan kondusif, tetapi kita tetap waspada. Mudah-mudahan kita berharap tidak ada apa-apa dan semua berjalan dengan baik," kata Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi, di Serang, Selasa.

Ia mengatakan, dalam memeriahkan perayaan tahun baru dan peribadatan Imlek, Kepolisian Daerah Provinsi Banten beserta jajaran menerjukan personel untuk ditempatkan di beberapa titik pada sejumlah wihara di wilayah hukum Polda Banten.

Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi muncul gangguan kamtibmas serta memberikan jaminan ketertiban dan kelancaran kegiatan masyarakat.

Edy Sumardi mengatakan, secara umum situasi dan kondisi dalam perayaan Tahun Baru Imlek sampai saat ini tetap waspada untuk meminimalkan kelompok tertentu yang ingin mengganggu perayaan Imlek.

"Dalam memberikan pelayanan serta perlindungan terhadap jemaat atau masyarakat yang akan memperingati perayaan Imlek, kami telah mengantisipasi berbagai kerawanan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan selama perayaan tersebut," kata AKBP Edy Sumardi.

Edy menjelaskan pengamanan perayaan maupun kegiatan keagamaan warga keturunan Tionghoa dilaksanakan di beberapa lokasi wihara.

Pada wilayah hukum Polres Serang Kota ada lima lokasi di antaranya di Wihara Metta dan Wihara Avalokitesvara, Polres Cilegon tiga lokasi, Polres Lebak dan Polres Pandeglang masing-masing satu lokasi, dan Polresta Tangerang paling banyak dengan 17 lokasi perayaan Imlek.

"Pola pengamanan serta penempatan personel sudah dipetakan sesuai dengan jumlah jemaat dan potensi gangguan keamanan yang dapat ditimbulkan. Pada setiap wilayah yang terdapat wihara, Subden Penjinak Bom Detasemen Gegana diturunkan. Sterilisasi di setiap lokasi yang dijadikan tempat peribadatan bahkan sebelum kegiatan keagamaan dimulai," katanya pula.

Edy mengajak seluruh masyarakat khususnya di wilayah hukum Polda Banten untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat perayaan Imlek. Bagi warga yang hendak melaksanakan liburan agar dapat mengutamakan keselamatan sebagai prioritas.

"Mari kita bersama-sama menjaga situasi yang aman serta nyaman. Junjung tinggi toleransi kepada masyarakat yang merayakan Imlek," kata Edy pula.

Pewarta: Mulyana
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019