Jakarta (ANTARA News) - Everton diharapkan untuk tetap bertahan bersama Marco Silva bila mereka yakin pada kemampuan pelatih tersebut karena tidak ada jaminan bahwa pelatih baru bisa langsung memperbaiki performa klub, kata pelatih Manchester City Pep Guardiola yang dilansir Reuters pada Rabu.

Everton melakukan belanja pemain besar-besaran musim ini, tetapi masih belum memberikan hasil sesuai harapan. Tim asuhan Silva tersebut hanya mengantongi tiga kemenangan dalam 12 pertandingan Liga Premier Inggris terakhir mereka.

Rentetan hasil buruk Everton membuat pelatih asal Portugal itu mendapatkan tekanan besar untuk meningkatkan performa tim atau terancam dipecat

"Saran saya... bila mereka percaya pada proyek ini, bila mereka percaya padanya (Silva), mereka harus mendukungnya," kata Guardiola kepada wartawan menjelang pertandingan tandang ke markas Everton,  Goodison Park pada Kamis dini hari WIB.

"Pelatih baru tidak menjamin memberikan performa yang lebih baik."

Guardiola sendiri baru bisa menikmati kesuksesan di City pada musim keduanya saat ia memenangi gelar liga Premier Inggris dan Piala Liga musim lalu.

Ia juga menekankan perlunya klub seperti Everton untuk tetap yakin terhadap pelatih mereka.

"Sulit menciptakan, membangun sesuatu. Anda butuh waktu. Jadi semua tergantung apakah mereka percaya kepada Silva atau tidak," tambah pelatih asal Spanyol tersebut Guardiola.

"Banyak yang tidak tahu betapa sulitnya membangun sebuah tim. Orang-orang percaya bila membeli tiga atau empat pemain, seorang pelatih baru dan semuanya berjalan dengan baik."

City saat ini berada di urutan kedua dengan 59 poin dari 25 pertandingan, tujuh tempat di atas Everton.

Baca juga: Guardiola: City kembali ke jalur perburuan gelar juara

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019