Temanggung (ANTARA News) - Sebanyak 18 desa dari 266 desa di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendapat dana afirmasi, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Temanggung Agus Sarwono.

"Dana ini khusus diberikan kepada desa yang masih dalam kategori miskin," katanya di Temanggung, Rabu.

Ia menyebutkan desa penerima dana afirmasi di Temanggung, yakni Campursalam, Nglondong, Glapansari (Kecamatan Parakan), Desa Petarangan (Kecamatan Kledung), Desa Kundisari, Tegalsari dan Gondang Wayang (Kecamatan Kedu).

Selain itu, Desa Samiranan, Ngemplak, Margolelo dan Blimbing (Kecamatan Kandangan). Desa Banjarsari, Pateken, Pitrosari, Pesantren, dan Desa Rejosari (Kecamatan Wonoboyo) serta Desa Mengunsari dan Desa Kataan (Kecamatan Ngadirejo).

"Tahun ini hanya 18 desa yang mendapatkan dana afirmasi, sedangkan tahun 2018 penerima dana afirmasi sebanyak 52 desa. Yang menentukan suatu desa mendapat dana tersebut langsung dari pusat," katanya.

Ia mengatakan selain menerima dana arifmasi, ke-18 desa tersebut juga menerima dana desa, alokasi dana desa dan dana lainnya. Dana yang diterima oleh desa itu diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia desa yang menerima dana afirmasi ini masih masuk dalam kategori desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

"Total keseluruhan dana afirmasi di Kabupaten Temanggung sebanyak Rp4,14 miliar," katanya.

Ia menyebutkan dana afirmasi ini akan dibagikan merata sesuai dengan kategori, untuk desa tertinggal menerima sebanyak Rp211 juta dan untuk desa sangat tertingal Rp422 juta.

Ia menuturkan dari 18 desa penerima dana afirmasi yang masuk dalam kategori desa sangat tertinggal, yakni Desa Petarangan Kecamatan Kledung, desa ini akan menerima dana afirmasi sebanyak Rp422 juta, sedangkan 17 Desa lainnya kategori desa tertinggal akan menerima Rp211 juta.

Ia menyebutkan dana afirmasi ini, antara lain digunakan untuk rehabilitasi rumah, jambanisasi dan bantuan permodalan kelompok ekonomi desa.

"Sebisa mungkin dana ini digunakan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM), dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia berharap bagi desa yang menerima dana afirmasi ini, ke depan bisa semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui program-program pengembangan perekonomian yang diajukakn oleh masing-masing desa.

Baca juga: Desa-desa miskin kantong warga buta aksara
Baca juga: Mendes: Program Inovasi Desa bantu turunkan kemiskinan

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019