Perekaman keliling dilaksanakan di kecamatan secara bergilir, kemarin (13/2) di Kecamatan Tampan, hari ini di Kecamatan Tenayan Raya
Oleh  Fazar Muhardi dan Vera Lusiana

Pekanbaru,  (ANTARA News) - Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru membuka pelayanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E) keliling guna jemput bola warga yang belum terekam.

"Perekaman keliling dilaksanakan di kecamatan secara bergilir, kemarin (13/2) di Kecamatan Tampan, hari ini di Kecamatan Tenayan Raya," kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Irma Novrita menjelaskan tujuan perekaman keliling ini untuk menyukseskan Pemilu 2019 yang bakal bergulir pada April mendatang, dan merekam warga yang belum tersentuh selama ini, termasuk masyarakat yang telah berusia 17 tahun pada tanggal 13 Februari 2019.

Selain itu, kata dia, agar masyarakat memiliki data identitas diri yang terpusat.

"Masyarakat nantinya hanya punya satu identitas. Data identitas ini bisa dimanfaatkan berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta yang ada kerja sama dengan Kemendagri. Untuk itu kami mengimbau segera lakukan perekaman," katanya.

Menurut dia dalam pogram ini petugas akan mendatangi kantor camat yang sudah dijadwalkan. Warga cukup membawa foto copy kartu keluarga (KK).

Ditanya mengenai batas waktu, mantan Camat Tampan ini mengatakan jika perekaman KTP elektronik serentak ini akan dilakukan setiap saat. Apalagi pihaknya telah menerima instruksi Kemendagri untuk menyelesaikan perekaman KTP elektronik hingga akhir Februari ini.

"Kita lihat saja nanti. Bisa saja setiap hari kita buka, atau setelah di kecamatan lain, lusa kita buka lagi perekaman serentak di sini untuk mengejar target rekam selesai hingga Februari ini," katanya.

Dari data Disdukcapil yang berhasil dirangkum, warga antusias ikut proses perekaman keliling di Kantor Lurah Simpang Baru Kecamatan Tampan pukul 08.30 WIB - 12.00 WIB, pada Rabu (13/2), termasuk di Tenayan Raya yang diselenggarakan Kamis ini.

"Kemarin yang sudah melakukan perekaman di Tampan kurang lebih ada 30 KK. Sementara masih ada berkas yang telah masuk namun menunggu melakukan perekaman sebanyak 54 KK kurang lebih," katanya.

"Kami mengimbau masyarakat yang belum merekam data untuk datang dalam layanan ini," tambahnya.

Baca juga: Dirjen Dukcapil minta jemput bola perekaman KTP-E tak "pandang bulu"

Baca juga: Ada 10.000 blanko E-KTP untuk warga Kota Pekanbaru

Pewarta: Fazar Muhardi dan Vera Lusiana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019