Paris (ANTARA News) -  Saham-saham Bursa Prancis ditutup lebih tinggi pada perdagangan Jumat (15/2), dengan Indeks Acuan CAC-40 di Paris naik 1,79 persen atau 90,67 poin, menjadi 5.153,19 poin, mendongkrak saham perbankan BNP Paribas.

Dari 40 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks CAC-40, sebanyak 36 saham berhasil mencatat kenaikan harga.

Konglomerat media massa Prancis Vivendi melonjak 5,63 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar (top gainer) di antara saham-saham unggulan atau blue chips.

Diikuti oleh saham pemasok komponen otomotif global Valeo yang meningkat 4,75 persen, serta grup perbankan internasional Prancis BNP Paribas naik 4,19 persen.

Sementara itu, perusahaan periklanan dan humas multinasional Prancis Publicis Groupe mencatat kerugian terbesar (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya turun 0,29 persen.

Disusul oleh saham perusahaan optik mata internasional yang berbasis di Prancis, EssilorLuxottica, yang kehilangan 0,28 persen, serta produsen barang-barang fashion mewah Prancis, Hermes Intl, melemah 0,11 persen. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.


 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019