Pelabuhan Tanjung Balai Asahan sangat strategis karena juga menjadi pintu ekspor sayuran dan ikan tujuan Malaysia
Jakarta (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah menyelesaikan modernisasi penataan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara, yang dibangun sejak 2017.

"Selesainya penataan Terminal Penumpang Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan ini adalah wujud komitmen perseroan untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah di Indonesia. Harapannya pascamodernisasi ini kenyamanan pengguna jasa transportasi laut akan semakin meningkat," kata General Manager Pelabuhan Tanjungbalai Asahan, Aulia Rahman Hasibuan di Jakarta, Selasa.

Aulia mengatakan terminal penumpang ini memiliki bangunan dua lantai dengan luas total 1.480,5 m2 terdiri dari lantai satu seluas 790,82 m2 dan lantai dua dengan luas 689,68 m2.

Kedua lantai tersebut mampu menampung sekitar 800 orang. Fungsional lantai satu digunakan untuk area check in, bea cukai, imigrasi untuk kedatangan, ruang VIP dan ruang karantina. Sementara lantai dua digunakan untuk ruangan imigrasi keberangkatan, ruang tunggu penumpang, dan area kedai kopi.

Pelabuhan ini juga akan dilengkapi dengan area makan Teluk Nibung Food Court yang menyediakan berbagai menu untuk dinikmati masyarakat.

"Arus penumpang selama tahun 2018 sebesar 56.421 orang yang naik turun melalui Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan tujuan Port Klang dan Port Hutan Melintang," kata Aulia.

Aulia menambahkan saat ini pihak Pelindo 1 telah mengembangkan kerja sama dengan BUMD dan Pemerintah Tanjung Balai untuk menjadikan Pelabuhan Teluk Nibung sebagai pelabuhan ekspor impor di Kota Tanjungbalai.

Untuk itu, selain terminal penumpang yang modern, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan juga mengembangkan terminal kargo yang kompetitif.

Pelabuhan Tanjung Balai Asahan yang dikembangkan Pelindo 1 mempunyai fasilitas terdiri dari dermaga dengan panjang 204 m, gudang seluas 2000 m2, lapangan penumpukan seluas 1.625 m2. Pelabuhan Tanjung Balai Asahan sangat strategis karena menjadi pintu ekspor sayuran dan ikan tujuan Malaysia

Ada pun sejumlah terminal penumpang yang dikelola Pelindo 1 dan sudah dimodernisasi dengan fasilitas setara bandara, antara lain Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Sibolga dan Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019