Jakarta (ANTARA News) - Pengacara Negara Bagian Cook, Kim Foxx, mengumumkan dakwaan pidana terhadap R. Kelly pada konferensi pers Jumat (22/2).

Penyanyi itu didakwa dengan 10 tuduhan pelecehan seksual  yang melibatkan empat korban - tiga di antaranya adalah anak di bawah umur - dalam insiden yang terjadi antara tahun 1998 dan 2010. Dia dijadwalkan untuk pengadilan pertamanya pada 8 Maret.

Surat perintah penangkapan R.Kelly telah dikeluarkan dan dia diperkirakan akan hadir pada sidang obligasi Sabtuoc sore; pengacaranya, Steve Greenberg, mengatakan kepada Associated Press pada Jumat bahwa Kelly "sangat terkejut" dan "sangat kecewa dan tertekan" oleh dakwaan terhadapnya dan berencana untuk menyerahkan diri kepada pihak berwenang Jumat malam.

Para korban diidentifikasi hanya dengan inisial mereka dalam konferensi pers dan dokumen hukum.

Perkembangan terbaru ini muncul setelah sebuah rekaman seks dilaporkan muncul yang menampilkan Kelly terlibat dalam tindakan seksual dengan seorang gadis di bawah umur, menurut CNN dan New Yorker; pengacara Michael Avenatti, yang mengklaim telah mendapatkan rekaman itu dan menyerahkannya kepada pihak penegak hukum, mengatakan dalam konferensi pers Jumat bahwa ia mewakili setidaknya satu dari perempuan yang disebutkan dalam surat dakwaan dan bahwa ia memiliki rekaman seks Kelly yang lain.

Kelly dituduh lakukan banyak pelanggaran seksual sejak 25 tahun yang lalu, meskipun ia tidak pernah dihukum. Baru-baru ini, dua wanita tampil dalam konferensi pers pada hari Kamis, menuduh Kelly melakukan pelanggaran ketika mereka masing-masing berusia 16 dan 15 tahun.

"Surviving R. Kelly," sebuah dokumen mengerikan yang ditayangkan di Lifetime awal tahun ini, menambah fakta pada tuduhan terhadap Kelly. Menyusul rilis serial itu, Foxx mendesak orang lain yang punya kisah yang sama dengan para korban Kelly untuk angkat bicara.

Pada akhir Januari, Foxx mengumumkan dia menerima 12 tanggapan tentang Kelly dan sedang mengevaluasi dengan kantornya tentang bagaimana untuk maju dengan tindakan hukum. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan untuk Variety pada hari Jumat, seorang perwakilan untuk jaringan Lifetime mengatakan, "Kami bangga bahwa Lifetime mampu menyediakan platform untuk didengar oleh korban yang selamat."

Munculnya dugaan rekaman seks, yang dilaporkan menunjukkan Kelly "melakukan pelecehan seksual terhadap gadis di bawah umur," tampaknya mendorong kasus ini ke depan. CNN dan New Yorker melaporkan pada 14 Februari bahwa jaksa penuntut bergerak untuk mendakwanya.

Kelly secara konsisten membantah melakukan kesalahan, Variety, Jumat (22/2).

Baca juga: Erykah Badu bela R. Kelly

Baca juga: Skrillex bela Jay-Z soal kolaborasi dengan R Kelly

Baca juga: Mantan manajer R. Kelly serahkan diri

Baca juga: R Kelly dikeluarkan dari label rekaman

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2019