Jakarta (ANTARA) - Siapa yang bakal menangguk untung? Borrusia Dortmund atau justru Tottenham Hotspur. Kedua tim sama-sama berusaha merebut kemenangan, karena mereka mengetahui persis kredo yang dinyatakan oleh pujangga Latin klasik Cicero, "...nisi insipientis in errore perseverare", artinya hanya orang yang kurang waras sajalah yang nekad berbuat kesalahan.

Pembuktiannya? Tottenham Hotspur bertandang ke markas Borussia Dortmund untuk melakoni laga kedua babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund pada Selasa malam waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 03.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh KVision.

Baik Dortmund maupun Tottenham jelas-jelas ingin tampil sebagai skuad waras dan bugar meski dilingkupi suasana kontras.

Di satu sisi, balatentara LilyWhites unggul dengan agregat 3-0, merupakan hasil laga pertama di Stadion Wembley (14/1). Di lain sisi, Borussia Dortmund harus menang 4-0, meski hal ini bukan tidak mungkin terwujud berkat dukungan penuh suporter tuan rumah.

Team News:

Borussia Dortmund:

* Dortmund menyambut pulihnya Marco Reus setelah ia dibekap cedera, meski ia belum dijamin benar dapat turun melawan Tottenham.
* Lukasz Piszczek absen dalam laga di kandang, padahal laga ini demikian krusial setelah timnya mengalami defisit tiga gol di leg pertama.
* Paco Alcacer yang dibangkucadangkan pada pekan ini, bisa saja kembali dimainkan, hanya saja Jacob Bruun Larsen tidak dipasang melawan tim tamu asal Liga Inggris itu.
* Favre bisa saja memasang Raphael Guerreiro di lini bek kanan, dengan tugas ekstra memberi dukungan penuh kepada lini serang. Ini artinya, posisi Dan-Axel Zagadou di lini tengah akan berubah.

Tottenham:
* Mauricio Pochettino sempat dipusingkan dengan pemain yang mampu mengisi lini gelandang, karena sebelumnya Victor Wanyama
demikian keras berjuang saat laga melawan Arsenal pada pekan ini.
* Delle Alli belum sepenuhnya pulih dari cedera, juga Harry Winks yang dibekap cedera bahu. Dan Eric Dier baru pulih dari tonsilitis.
* Serge Aurier dapat saja menggantikan posisi yang selama ini diisi oleh Kieran Trippier. Ini merujuk kepada taktik yang diterapkan Mauricio Pochettino di leg pertama.
* Jan Vertonghen siap berperan sebagai bek kiri.
* Toby Alderweireld, Erik Lamela dan Son Heung-Min sudah terbebas dari masa suspensi. Mereka siap turun melawan Borussia Dortmund.

Data dan fakta laga:
* Borussia Dortmund rata-rata mampu mencetak lebih dari 2,5 gol dalam enam laga terakhir melawan Tottenham di semua kompetisi.
* Tottenham meraih tiga kemenangan melawan Borussia Dortmund di semua kompetisi.
* Tottenham rata-rata mampu melesakkan dua gol dalam tiga laga terakhir melawan Borussia Dortmund di semua kompetisi.
* Tottenham tidak terkalahkan dalam lima laga terakhir di ajang Liga Champions.

Prakiraan susunan pemain:

* Borussia Dortmund (4-2-3-1):

Bürki (penjaga gawang), Guerreiro, Diallo, Akanji, Hakimi, Witsel, Delaney, Reus, Götze, Sancho, Alcácer
Pelatih: Lucien Favre

* Tottenham (4-3-1-2):
Lloris (penjaga gawang), Vertonghen, Sánchez, Alderweireld, Aurier, Winks, Dier, Sissoko, Eriksen, Heung-Min, Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Prediksi Man of the Match (whoscored):
1.Marco Reus (45,45 persen)
2.Harry Kane (18,18 persen)
3.Son Heung-Min (18,18 persen)
4.Raphael Guerreiro (9,09 persen)
5.Dele Alli (9,09 persen)

Top Players:

Rapor pemain:

Borussia:

M. Reus (7,6)
R. Guerreiro (7,25)
A. Witsel (7,24)

Tottenham:
H. Kane (7,76)
C. Eriksen (7,64)
L. Moura (7,09)

Jumlah gol:

Borussia:

R. Guerreiro (4)
A. Witsel (1)
M. Reus (1)

Tottenham:
H. Kane (4)
C. Eriksen (2)
L. Moura (2)

Assists:

Borussia:

A. Hakimi (3)
M. Reus (1)
P. Alcácer (1)

Tottenham:
C. Eriksen (2)
E. Lamela (2)
F. Llorente (1)

Prediksi jalannya laga:
* Kedua tim sama-sama sedang mengalami penurunan penampilan belakangan ini, meski Tottenham lebih diuntungkan dengan kemenangan di leg pertama.
* Borussia Dortmund mampu melesat di papan atas klasemen Liga Jerman. Ini bakal memotivasi penampilan pasukan asuhan pelatih Favre.
* Tottenham siap merangsek pertahanan tim tuan rumah dengan melancarkan serangan bertubi-tubi. Peran Son Heung-Min demikian krusial.

Prediksi hasil laga:
* Borussia Dortmund: 2
* Tottenham: 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019