counter

Sirkulasi siklonik di selatan Jatim, hujan masih berpotensi terjadi

Sirkulasi siklonik di selatan Jatim, hujan masih berpotensi terjadi

Ilustrasi. Awan hitam menyelimuti langit di kawasan pesisir kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (3/8/2017). (ANTARA FOTO/Rahmad)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya sirkulasi siklonik di selatan Jawa Timur, di perairan timur Nusa Tenggara Timur, perairan utara Papua Barat dan di Kalimantan Barat sehingga diprediksikan hujan lebat masih berpotensi terjadi hingga Minggu (10/3).

Selain itu juga didukung adanya daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat daya Sumatera, kata Kabag Humas BMKG Taufan Maulana dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Juga adanya konvergensi memanjang di Sulawesi Utara, Maluku, Laut Banda hingga Laut Arafura. Belokan angin terdapat di Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

Melihat kondisi tersebut beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat pada Jumat (8/3), seperti Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Pada hari yang sama juga perlu diwaspadai beberapa wilayah yang juga diperkirakan diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir, di antaranya Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

Untuk Sabtu (9/3), ia mengatakan terpantau beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat, yaitu Lampung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua Barat.

Sejumlah wilayah seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Papua berpotensi diguyur hujan besar disertai angin kencang dan kilat atau petir di hari yang sama.

Pada Minggu (10/3), sejumlah wilayah yang berpotensi diguyur hujan besar, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua bagian Utara.

Pada hari yang sama beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir, seperti Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Baca juga: BNPB minta masyarakat bersiap antisipasi banjir

Baca juga: Round up - Banjir di Jatim surut, tapi warga harus waspada


Pulihkan vegetasi pantai, mitigasi bencana tsunami

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar