counter

Kata Menko Kemaritiman, Indonesia berhasil atasi sampah

Kata Menko Kemaritiman, Indonesia berhasil atasi sampah

Menteri Koordinator Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau Suspension Bridge di Situgunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia. (ANTARA/Aditya AR).

Pemimpin dan para pejabat luar negeri memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia karena kurun waktu empat tahun berhasil mengatasi permasalahan sampah.
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo telah berhasil mengatasi sampah yang saat ini menjadi permasalahan dunia.

"Pemimpin dan para pejabat luar negeri memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia karena kurun waktu empat tahun berhasil mengatasi permasalahan sampah," katanya saat meresmikan jembatan terpanjang d Asia (Suspension Bridge) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Sabtu.

Menurutnya, pada pertemuan dengan World Bank, World Economic Forum, International Chamber of Commerce dan United Nation yang dibahas adalah sampah. Bahkan pertemuan tersebut dipilih Indonesia sebagai tuan rumah karena negara ini dinilai sudah mampu di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi menyelesaikan permasalahan sampah.

Padahal, presiden menilai upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam mengatasi sampah masih jauh. Namun para pemerhati, pejabat hingga pimpinan di luar negeri melihat gerakan dari kebersihan Indonesia tersebut sedang bergerak dengan mantap.

Lanjut dia, dahulu sampah merupakan masalah yang sepele, tetapi saat ini menjadi masalah dunia. Bagaimanan tidak, sampah menjadi penyebab berbagai bencana, mulai dari bencana alam, kesehatan. sosial hingga budaya.

Seperti sampah plastik yang dibuang ke sungai atau laut kemudian dimakan oleh ikan dan ikan itu dikonsumsi oleh manusia khususnya ibu hamil maka anaknya akan mengalami gagal tumbuh atau stunting.

Belum lagi sampah yang dibuang sembarangan mulai dari jalan hingga objek wisata alam. Tentunya ini akan bisa menyebabkan kerusakan lingkungan, ekosistem dan habitat.

"Maka dari itu permasalahan sampah bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi seluruh warga agar selalu menjaga kebersihan minimalnya membuang sampah pada tempatnya," tambahnya.

Di sisi lain, Luhut mengapresiasi objek wisata Situgunung yang ada di Kabupaten Sukabumi ini yang masih alami dan asri serta terjaga. Namun demikian, pengelola harus memperhatikan para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan dan tentunya harus selalu mengingatkan.

Baca juga: Temanggung kampanyekan desa bebas sampah plastik
Baca juga: Pemkot Depok imbau masyarakat ganti kantong plastik

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar