Sembilan panelis debat cawapres gelar "FGD"

Sembilan panelis debat cawapres gelar "FGD"

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan. (Syaiful Hakim)

Ya hari ini kami adakan kegiatan FGD yang dihadiri oleh beberapa narsum. Dan juga sembilan orang panelis. Kita harap lewat FGD ini, akan lebih memperkaya informasi bagi panelis dalam menyusun soal untuk materi debat cawapres
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak sembilan panelis debat cawapres menggelar focus group discussion (FGD) bersama perwakilan-perwarkilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa.

"Ya hari ini kami adakan kegiatan FGD yang dihadiri oleh beberapa narsum. Dan juga sembilan orang panelis. Kita harap lewat FGD ini, akan lebih memperkaya informasi bagi panelis dalam menyusun soal untuk materi debat cawapres," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan usai pelaksanaan FGD itu.

Sembilan panelis itu, yakni Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022 Guru Besar Sosiologi Unhas; Prof Dr Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Periode 2007- 2011. Profesor Sastra Untan (bidang sastra Nusantara, pegiat budaya); Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng Rektor Unsyiah Periode 2018-2022 (periode kedua); Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof KH. Yudian Wahyudi.

Berikutnya, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Prof Subhilhar, MA, Ph.D; Sastrawan dan budayawan, Radhar Panca Dahana; Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah; Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K); dan Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024, Prof H Yos Johan Utama SH M.Hum.

Menurut Wahyu, setelah FGD selesai akan dilanjutkan pertemuan terbatas antara KPU sama panelis untuk bersama-sama membahas hal teknis soal tugas panelis dalam menyusun materi debat capres.

"Kalau FGD hanya sehari saja. Hanya hari ini. Kemudian dilanjutkan selama tuga hari panelis berkumpul untuk menyusun soal debat," kata Wahyu.

Untuk berapa banyak soal materi debat, kata dia, saat ini masih dalam pembahasan. Jadi secara teknis setelah ini didapatkan soal yang akan dibuat sama panelis berapa jumlahnya. Kemudian sesuai materi per tema jumlahnya berapa.

Mengenai format dan mekanisme debat sendiri, kata Wahyu, nisbi tidak ada perubahan. Debat itu akan berlangsung kurang lebih dua jam, yang terbagi dalam enam sesi.

"Nanti ada pertanyaan yang dibuat oleh panelis, dan ada juga pertanyaan yang antar kandidat sendiri sampaikan," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sandiaga ajak masyarakat beri kesempatan Kabinet Indonesia Maju bekerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar