counter

IKFA diharapkan perkuat hubungan Indonesia-Korea Selatan

IKFA diharapkan perkuat hubungan Indonesia-Korea Selatan

Ketua umum Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA) Adhi Wargono (kiri) dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom (kanan) usai menghadiri deklarasi pengurus baru Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA/ Perkumpulan Persahabatan Indonesia Korea) di Jakarta, Kamis. (14/3/2019). (ANTARA News / Azis Kurmala)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom mengharapkan Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA/ Perkumpulan Persahabatan Indonesia Korea) dapat memperkuat hubungan kedua negara di berbagai bidang.

"IKFA diharapkan dapat mempererat hubungan Indonesia-Korea Selatan yang telah terjalin sejak 45 tahun lalu serta dapat meningkatkan kerja sama kedua negara di berbagai bidang baik seni budaya, olahraga maupun bisnis," ujar Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom saat menghadiri deklarasi pengurus baru Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA/ Perkumpulan Persahabatan Indonesia Korea) di Jakarta, Kamis.

Perkumpulan Persahabatan Indonesia Korea, lanjut Duta Besar Kim, dapat memfasilitasi berbagai kerja sama antara kedua negara.

"Berbagai kerja sama yang kita lakukan selama ini sangat diperlukan untuk semakin memperkuat hubungan kedua negara," ujar Dubes Kim Chang-beom.

Ia mengungkapkan bahwa Indonesia adalah teman sejati dan sehati bagi Korea Selatan.

"Semoga semangat kerjasama pengurus IKFA terus menyala dalam perjalanan hubungan Indonesia dan Korea Selatan di masa depan," ucap Dubes Kim Chang-beom.

Ia mengatakan kemitraan kedua negara meningkat menjadi "special strategic partnership" dengan menekankan percepatan industrilisasi di indonesia.

Kesepakatan itu terjadi saat pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Moon Jae-In di Bogor, Jawa Barat, pada 2017.

"Kami juga melakukan yang terbaik terkait 'special strategic partnership' dalam upaya meningkatkan volume perdagangan, investasi, bisnis, dan lain-lain di antara kedua negara," ujar Dubes Kim Chang-beom.

Pada periode Januari-Juni 2018, perdagangan kedua negara tumbuh 10,12 persen menjadi US$ 8,84 miliar dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, tapi Indonesia mengalami defisit US$ 1,8 juta.***2***

 Baca juga: Kedutaan Besar Indonesia di Seoul gencarkan promosi pariwisata nasional
Baca juga: Mira Lesmana-Riri Riza buat versi Indonesia Film Korea "Sunny"

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indonesia adalah teman sehati dan sejati Korea – Wawancara khusus

Komentar