Paris (ANTARA) - Saham-saham Prancis berakhir lebih tinggi pada perdagangan Kamis (14/3), dengan indeks acuan CAC-40 di Paris naik 0,82 persen atau 43,40 poin, menjadi 5.349,78 poin.

Dari 40 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks CAC-40 tercatat 31 saham membukukan kenaikan harga.

Penyedia jasa-jasa industri minyak dan gas internasional TechnipFMC melonjak 5,06 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar (top gainer) di antara saham-saham unggulan atau blue chips.

Diikuti oleh saham perusahaan optik mata internasional yang berbasis di Prancis, EssilorLuxottica, menguat 3,32 persen, serta perusahaan konsesi dan konstruksi Prancis Vinci naik 2,17 persen.

Sementara itu, perusahaan perbankan Prancis Credit Agricole mencatat kerugian terbesar (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya melemah 0,45 persen.

Disusul oleh saham Cap Gemini, pemimpin global dalam layanan konsultasi, teknologi dan alih daya (outsourcing), yang kehilangan 0,61 persen, serta perusahaan perangkat lunak Prancis Dassault Systemes turun sebesar 0,72 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019