counter

Sulawesi Utara kurangi sampah plastik untuk lindungi Bunaken

Sulawesi Utara kurangi sampah plastik untuk lindungi Bunaken

Arsip Foto. Potensi Pariwisata Kepulauan Indonesia Seorang pria menikmati pemandangan Pantai Malalayang dengan latar belakang Pulau Manadotua dan Bunaken di Manado, Sulawesi Utara. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berupaya mengurangi sampah plastik untuk melindungi Taman Nasional Bunaken.

"Bunaken merupakan aset daerah yang memiliki potensi pariwisata sehingga harus dilestarikan eksistensinya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Utara Marly Gumalag di Manado, Jumat.

"Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke sana, pelestarian lingkungan, pembatasan dan pengurangan sampah menjadi penting untuk dilakukan," ia menambahkan.

Gumalang menjelaskan pembatasan-pengurangan sampah plastik merupakan bagian dari upaya untuk melindungi masyarakat dari dampak degradasi lingkungan.

Mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulawesi Utara itu mengatakan upaya pengurangan sampah plastik antara lain meliputi pelarangan warga membuang segala jenis sampah, terutama sampah plastik, ke badan air dan laut.

Selain itu, pemerintah provinsi mendorong para pelaku usaha dan warga secara bertahap mengurangi penggunaan dan penjualan plastik sekali pakai; serta mengimbau warga menjalankan upaya pengurangan, penggunaan ulang dan pendaurulangan sampah.

Baca juga:
Bupati Banyuwangi ajak warganya "diet" kantong plastik
Banjarmasin promosi bakul purun untuk kurangi 10 persen sampah plastik

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kota Bandung resmi miliki Perwal Pengurangan Plastik

Komentar