counter

Kualifikasi Piala Eropa 2020

Sterling cetak trigol, Inggris cukur Republik Ceko 5-0

Sterling cetak trigol, Inggris cukur Republik Ceko 5-0

Penyerang Inggris Raheem Sterling merayakan gol ketiganya saat Inggris mengalahkan Republoik Ceko 5-0 dalam pertandingan kualifikasi grup A Euro 2020 di Wembley Stadium, London, Jumat (22/3/2019). (Reuters/CARL RECINE)

Jakarta (ANTARA) - Raheem Sterling mencetak trigol pertamanya untuk timnas Inggris saat mereka mengawali pertandingan kualifikasi Eropa dengan kemenangan telak 5-0 atas Republik Ceko di Wembley, Jumat waktu setempat.

Jadon Sancho menandai awal kompetitif pertamanya untuk Inggris dengan assist pada saat Sterling mencetak gol pembuka pada menit menit, sebelum Harry Kane menggandakan keunggulan mereka dari titik penalti pada penghujung babak pertama, demikian dilansir dari Skysports, Sabtu.

Sterling kemudian mengamankan kemenangan dengan gol kedua yang tercipta dengan apik di menit 62, sebelum gol ketiga yang terjadi karena gol bunuh diri Tomas Kalas, yang membelokkan tembakan debutan Callum Hudson-Odoi, menambahkan kegemilangan lebih lanjut pada saat Inggris bertekad memuncaki Grup C.

Vladimir Darida memberikan peluang emas pertama buat Ceko dalam permainan itu, namun tembakannya  masih melebar. Serangan awal itu kemudian mendapat tanggapan dari serangan bergelombang pemain-pemain Inggris.

Aliran bola dari Kane yang memecah lini pertahanan Ceko disambut umpan Sancho yang diikuti dengan mengirim umpan silang kepada Sterling untuk mengkonversi gol pembuka Inggris yang berkelas.

Keterampilan Sancho mengolah bola kembali diperlihatkannya di Wembley, sebelum Sterling kembali mencatatkan gol keduanya bagi Inggris, hingga berakibat terjadinya pelanggaran di kotak penalti oleh Pavel Kaderabek dan Kalas.

Kane yang mengambil peran sebagai eksekutor penalti menembakkan bola ke sudut kiri atas, meskipun kiper Jiri Pavlenka sempat menyentuh bola dengan tangannya tetapi gol tetap terjadi dan membawa Inggris unggul di paruh pertama laga.

Inggris beruntung keunggulan mereka tidak terhapus dalam tujuh menit setelah babak kedua dimulai. Sundulan Tomas Soucek masih bisa ditepis Jordan Pickford dan melebar beberapa inci dari mistar dan kiper Inggris itu juga berada dalam posisi yang tepat untuk menjaga tembakan David Pavelka terarah dari luar kotak penalti.

Inggris segera mengambil kendali permainan. Sancho nyaris menambah gol Inggris pada 59 menit ketika ia mendapat umpan Kane, tetapi tendangannya masih bisa diblokir kiper Ceko.

Semangat pemain Ceko akhirnya patah lagi saat Sterling menerkam bola liar di area penalti dan dengan gemilang menembak ke ruang kosong di sisi kiri.

Tim Inggris kembali memetik keberuntungan ketika Kalas justru memasukkan bola ke gawangnya sendiri tatkala Hudson-Odoi melepaskan tembakannya yang kemudian terbelokkan oleh bek Ceko itu.

Baca juga: Penalti kontroversial selamatkan Bulgaria dari kekalahan
Baca juga: Dwigol Depay bawa Belanda menang mudah atas Belarus
Baca juga: Skotlandia ditelan Kazakshtan 0-3

 

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar