Hanoi, Vietnam (ANTARA) - Gol dari Muhammad Dimas Drajad dan Muhamad Rafi Syarahil membawa tim nasional U-23 Indonesia menaklukkan Brunei Darussalam dengan skor 2-1 di laga lanjutan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa.

Gol Muhammad Dimas Drajad diciptakan di menit ke-31, sementara gol Rafi hadir di menit ke-78.

Dimas bahkan menjadi pahlawan setelah dirinya menepis tendangan penalti pemain Brunei di menit ke-90+4 ketika berperan sebagai kiper pengganti.

Gol balasan Brunei ditorehkan melalui titik penalti pada menit ke-85.

Pertandingan itu sendiri tidak berpengaruh bagi kedua tim yang sudah dipastikan tidak lolos ke Piala Asia U-23 AFC 2020 di Thailand.

Dalam laga tersebut, pelatih timnas U-23 Indonesia Indra Sjafri mengistirahatkan sembilan pemain 'starting eleven' pada laga sebelumnya kontra Vietnam, Minggu (24/3) termasuk Egy Maulana Vikri, Muhammad Luthfi dan Osvaldo Haay.

Sebagai gantinya, Indra memainkan beberapa nama yang di laga sebelumnya dicadangkan seperti Witan Sulaeman, Saddil Ramdani dan Hanif Sjahbandi.

Hasilnya, Indonesia mendominasi Brunei Darussalam sejak menit pertama.

Dimotori Witan dan Saddil, timnas U-23 Indonesia menggempur pertahanan Brunei Darussalam yang dikawal sang kapten Muhammad Hanif Hamir.

Beberapa kali mendapatkan kesempatan mencetak gol, Indonesia akhirnya benar-benar berhasil menghadirkan gol di menit ke-31 melalui kaki Muhamad Dimas Drajad.

Gol berawal dari kesalahan kiper Brunei Haimie Anak Nyaring dalam mengirimkan bola. Bola direbut oleh Witan Sulaeman yang langsung memberikan umpan ke Dimas Drajad untuk dituntaskan menjadi gol.

Witan Sulaeman bisa saja membuat skor menjadi 2-0 di akhir babak pertama. Namun, sepakannya dari jarak dekat ditepis dengan baik oleh Haimie.

Tak ada gol lain tercipta setelahnya. Skor tetap 1-0 sampai laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, Indonesia tetap sulit membongkar pertahanan Brunei Darussalam.

Meski demikian, skuat Garuda Muda sukses menggandakan kedudukan melalui tendangan kaki kiri Muhamad Rafi Syarahil di menit ke-78.

Petaka datang menghampiri Indonesia sekitar lima menit menjelang pertandingan usai.

Kiper Muhamad Riyandi melakukan pelanggaran terhadap penyerang Ak Md Azreen Eskander di dalam kotak penalti. Wasit lalu memberikan kartu kuning kepada Riyandi dan sepakan 12 pas kepada Brunei yang dieksekusi oleh Azim Izamuddin.

Namun, ketika Riyandi berhasil menghentikan tendangan Azim, wasit menganggap dia melakukan pelanggaran dengan bergerak lebih dahulu sebelum Azim menendang. Wasit kembali memberikan kartu kuning kedua kepada Riyandi.

Karena pergantian sudah habis, pelatih Indra Sjafri terpaksa menugaskan penyerang Dimas Drajad menjadi penjaga gawang.

Hasilnya, tepat di menit ke-85, Azim mengeksekusi dengan baik sepakan penalti keduanya.

Skor 2-1 membuat Brunei berani menekan. Mereka sempat mendapatkan penalti kedua setelah Egy melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Namun, Dimas Drajad menjadi pahlawan dengan menepis tendangan penalti tersebut.

Skor 2-1 tidak berubah hingga laga usai.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-23 Indonesia: Muhamad Riyandi-pg, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho (kapten), Samuel Christianson (32', Andy Setyo), Fredyan Wahyu, Hanif Sjahbandi (71', Osvaldo Haay), Muhamad Rafi Syarahil, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Gian Zola (60', Egy Maulana Vikri), Muhamad Dimas Drajad.

Timnas U-23 Brunei Darussalam: Haimie Anak Nyaring-pg, Syakir bin Hj Basri, Muhammad Wafi Aminuddin, Muhammad Nur Asyaraffahmi, Naziruddin Haji Ismail, Muhammad Hanif Farhan, Md. Haziq Kasyful (46', Ak Md Azreen Eskander), Md. Martin Haddy (63', Azim Izamuddin), Rahimin Abdul Ghani, Mohammad Amin Sisa, Muhammad Hanif Hamir.

Baca juga: Tak ada riuh suporter Indonesia saat timnas U-23 hadapi Brunei

Baca juga: Indra Sjafri rombak 90 persen komposisi tim kontra Brunei

Baca juga: Pratinjau - Indonesia versus Brunei, saatnya Garuda Muda menang

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019