Kami memfokuskan untuk membersihkan saluran drainase yang banyak sampah atau tersumbat
Jayapura (ANTARA) - Kelompok Karang Taruna Kelurahan Vim, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Rabu siang hingga sore menggelar aksi bersih-bersih lingkungan di Kompleks Cigombong, Kotaraja Dalam.

Sekretaris Karang Taruna Kalurahan Vim, Alberth Ali Wanggai Kabiai, ketika ditemui mengatakan aksi bersih-bersih itu merupakan inisiatif dari pemuda setempat guna menjaga lingkungan agar tetap aman dan nyaman serta jauh dari penyakit.

"Aksi ini untuk mengajak segenap warga di Kotaraja Dalam, khususnya di Kompleks Cigombong agar peduli dengan lingkungan sekitarnya. Karena yang kami fokuskan adalah membersihkan saluran drainase yang banyak sampah atau tersumbat," katanya.

Menurut dia, aksi tersebut bukan saja dari Karang Taruna dan warga Kelurahan Vim, tetapi juga melibatkan kelompok pemuda lainnya, misalnya dari pemuda Para-Para Mengkudu (P2M) yang dibantu oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

"Kami juga mendapat dukungan alat berat berupa ekskavator kecil untuk bersihkan drainase di Blok A Kompleks Cigombong. Rencananya aksi ini akan terus berlangsung hingga Blok M," kata Alberth Ali Wanggai Kabiai

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kelurahan Vim, Victor Hamadi menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kelurahan Vim, Tom Rumbewas yang telah terjun langsung bersama pemuda dan warga setempat.

"Kami juga sampaikan terima kasih kepada Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano yang telah memperhatikan Kelurahan Vim dengan menyediakan alat berat guna pengerukan drainase yang tersumbat," katanya.

"Pada aksi tadi, kami menerjunkan Karang Taruna berjumlah sekitar 20-an orang, ditambah pemuda P2M, Pak Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan warga setempat," tambahnya.

Victor menegaskan bahwa aksi bersih-bersih lingkungan tersebut untuk menggugah warga setempat dan sekitarnya agar lebih peduli terhadap lingkungan, apalagi belakangan ini di Kota Jayapura sering hujan lebat sehingga bisa berpeluang terjadinya banjir.

"Kami tidak ingin adanya bencana banjir akibat dari saluran got atau drainase tersebut karena penumpukan material tanah, lumpur dan sampah. Harapannya aksi ini bisa diikuti oleh pihak lainnya di Kota Jayapura, kami sebagai pemuda ingin menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan," katanya.

Baca juga: Badan jalan ruas Sentani-Abepura tertutup timbunan material

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019