Surabaya (ANTARA) - Persebaya memastikan diri lolos ke babak empat besar Piala Presiden 2019 usai menyingkirkan PS Tira Persikabo 3-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat.

Gol-gol Persebaya dicetak Manuchehr Jalilov pada menit kedua, Damian Lizio menit ke-88 melalui titik penalti dan Amido Balde menit ke-90, sedangkan satu gol PS Tira Persikabo dicetak Osas Saha pada menit ke-62.

Saat babak pertama baru berjalan dua menit, serangan pertama tuan rumah membuahkan hasil melalui tendangan salto Manuchehr Jalilov dari dalam kotak penalti. Sekitar 43 ribu bonek mania bersorak menyambut gol ini dan membuat pemain Persebaya lebih percaya diri. “Bajul Ijo” beberapa kali menciptakan peluang pada 15 menit awal untuk memaksa kiper Persikabo Angga Saputro bekerja ekstra keras mengamankan gawangnya.

Sepanjang 45 menit babak pertama, barisan pertahanan Persebaya yang digalang Otavio Dutra dan Hansamu Yama Pranata nyaris tak tersentuh Persikabo.

Pada babak kedua, Persebaya kembali tampil menyerang sejak menit awal di mana umpan silang Ruben Sanadi dari sisi kanan membuat pertahanan PS Tira Persikabo kerepotan.

Peluang PS Tira Persikabo terjadi menit 55 melalui tendangan bebas yang dilakukan Ciro Henrique, namun sepakan kerasnya membentur pagar betis pemain Persebaya.

Baca juga: Bhayangkara FC tak takut nama besar Arema FC

Menambah daya gedor, tim tamu memainkan pemain Timnas Indonesia, Manahati Lestusen, menggantikan kapten tim, Guntur Triaji.

Tim asuhan Rahmad Darmawan itu nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-57 dari tendangan penjuru, bahkan sempat terjadi kemelut di muka gawang Miswar Saputra yang kandas di kaki Otavio Dutra.

Serangan bertubi-tubi PS Tira Persikabo akhirnya membuahkan hasil setelah sundulan kepala Osas Saha yang memanfaatkan sebuah tendangan penjuru pada menit ke-62 tak bisa dihadang Miswar Saputra.

Gol ini memicu pelatih Persebaya Djadjang Nudjaman memasukkan M Hidayat dan Osvaldo Haay untuk menggantikan Fandi Eko Utomo dan Irfan Jaya, serta menarik Jalilov guna ditukar dengan Oktavianus Fernando.

Pada menit 87, Osvaldo Haay yang mencoba membongkar pertahanan Persikabo dijatuhkan Abduh Lestaluhu di dalam kotak terlarang sehingga wasit Handri Kristanto menunjuk titik putih. Damian Lizio tak menyia-nyiakan kesempatan emas sebagai eksekutor penlati untuk mengubah skor 2-1 bagi Persebaya.

Persebaya menyempurnakan kemenangan pada menit ke-90 setelah Amido Balde yang berdiri sendirian di muka gawang Angga Saputro menceploskan bola ke gawang usai menerima sodoran Oktavianus Fernando.

Kemenangan ini membuat Persebaya menjadi tim kedua yang lolos ke babak empat besar menemani Kalteng Putra usai mengalahkan Persija Jakarta, Kamis (28/3).

Baca juga: Persija disingkirkan Kalteng Putra lewat adu penalti

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019