Jakarta (ANTARA) - Ajax berhasil membungkam juara bertahan Liga Belanda PSV Eindhoven dengan kemenangan 3-1 dalam laga pekan ke-27, meski mereka harus menyelesaikan pertandingan hanya dengan 10 pemain di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu.

Kemenangan itu sekaligus membuat Ajax yang saat ini berada di urutan kedua berhasil mengumpulkan 65 poin sekaligus memangkas jarak menjadi tersisa dua poin dari PSV (67) yang masih berada di puncak, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Ajax membuka keunggulan lewat gol bunuh diri Daniel Schwaab pada menit ke-21, skor 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Namun, Ajax kehilangan satu pemain setelah wasit Bjorn Kuipers memutuskan menaikkan vonisnya atas pelanggaran yang dilakukan oleh Noussair Mazraoui setelah melihat tayangan ulang VAR, dari kartu kuning menjadi kartu merah pada menit ke-57.

Hasil kartu merah itu segera berbuah ketika umpan silang Angelino berhasil dimanfaatkan Luuk de Jong untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-58.

Meski timpang jumlah pemain, daya serang Ajax seolah tak mengendur dan David Neres berhasil memaksa Schwaab melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Dusan Tadic yang menjadi algojo dengan dingin melepaskan tendangan kaki krii ke sudut kanan bawah gawang demi membawa Ajax kembali memimpin pada menit ke-72.

Ajax bahkan berhasil memperbesar marjin kemenangan mereka menjadi 3-1 ketika David Neres mencetak gol pamungkas pada masa injury time.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schoene (Joel Veltman), Donny van de Beek (Lisandro Magalian), Frenkie de Jong; Hakim Ziyech (Rasmus Kristensen), Dusan Tadic, David Neres
Pelatih: Erik ten Hag

PSV Eindhoven (4-3-3): Jeroen Zoet; Denzel Dumfries, Daniel Schwaab, Nick Viergever (Trent Sainsbury), Angelino; Pablo Rosario, Michal Sadilek (Donyell Malen), Jorrit Hendrix (Cody Gakpo); Steven Bergwijn, Luuk de Jong, Hirving Lozano
Pelatih: Mark van Bommel

Baca juga: Feyenoord kalah lagi, kali ini ditekuk Utrecht 2-3

Baca juga: Ajax terpeleset di kandang AZ Alkmaar

Baca juga: Barcelona kepincut dengan Matthijs de Ligt

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019