Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Jajaran kepolisian Polres Kapuas Hulu siap mengawal pendistribusian logistik Pemilu 2019 di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 
"Kami siapkan 10 personil bersenjata lengkap untuk mengamankan dan mengawal pendistribusian logistik," kata Kapolres Kapuas Hulu, melalui Kabag Ops Polres Kapuas Hulu, AKP Junaidi kepada Antara, di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jum'at.
 
Dikatakan Junaidi, pendistribusian logistik pemilu akan dilaksanakan sesuai jadwal dari KPU, pihak kepolisian hanya pengawalan dan pengamanan saja.
 
Menurut dia, dalam pengamanan pendistribusian logistik itu nantinya akan di bagi lima zona yang tersebar di wilayah Kapuas Hulu.
 
" Intinya kami siap mengamankan dan mengawal pendistribusian logistik, kalau untuk jadwal pendistribusian logistik tergantung dari KPU," jelas Junaidi.
 
Terkait pengamanan Pemilu, kata Junaidi Polres dan Polsek di Kapuas Hulu dikerahkan untuk mengamankan pemilu dengan jumlah 426 personil, BKO dari Polda sebanyak 150 personil, Batalyon Raider Khusus 644/Walet Sakti sebanyak 150 personil dan untuk Kodim 1206 Putussibau sebanyak 160 personil.
 
Sementara itu, Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani, Sabtu (30/3) pernah mengatakan pendistribusian logistik pemilu akan dilakukan pada 8 - 12 April 2019.
 
Ia menyampaikan jumlah keseluruhan surat suara yang akan didistribusikan yaitu 914.705 surat suara tersebar di 993 tempat pemungutan suara di 282 desa dan kelurahan di 23 kecamatan.
 
Selain itu, kata Yani logistik lainnya yaitu kotak suara sebanyak 4.919 buah, bilik suara 3.732 keping, segel 115.158 keping dan tinta sebanyak 1.866 dan beserta alat kelengkapan TPS lainnya.
 
Disampaikan Yani, untuk pendistribusian logistik tersebut akan dibagi menjadi tiga tahapan menyesuaikan jarak tempuh dan letak geografis wilayah, serta akan ada pengamanan dari pihak TNI - Polri.
 
"Yang menjadi prioritas itu perhuluan sungai Kapuas dan sejumlah titik yang daerahnya jauh seperti hulu Kapuas," ucap Yani.
 
Dia berharap proses pendistribusian logistik pemilu di Kapuas Hulu dapat berjalan aman dan lancar.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019