Jakarta (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar latihan penanggulangan terorisme gabungan yang melibatkan Satuan-81 (Sat-81) Kopassus TNI Angkatan Darat (AD), Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI Angkatan Laut (AL) dan Satbravo-90 Paskhas TNI Angkatan Udara (AU).

Simulasi yang digelar Selasa di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, tersebut dimulai pada pukul 8.30 WIB.
Latihan ini mengusung skenario kelompok teroris asing yang berhasil menguasai lokasi rapat koordinasi yang diselenggarakan pemerintah dan menyandera orang-orang yang berada di dalam lokasi rapat.

Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI kemudian melakukan negosiasi dengan para teroris untuk memberi waktu kepada Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) TNI untuk melakukan konsolidasi dan mempersiapkan operasi penyelamatan.

Simulasi operasi antiteror dibuka dengan aksi penembak jitu TNI  yang melumpuhkan teroris yang berada di atap gedung dan garis pantai. Teroris tersebut menjadi sasaran pertama karena fungsinya sebagai mata kawanan teroris untuk memantau situasi di luar lokasi yang mereka kuasai.

Setelah mata para teroris itu dilumpuhkan, operasi dilanjutkan dengan serbuan oleh pasukan infantri mekanis yang menyerbu dari pintu depan.

Secara simultan, pasukan Gultor TNI juga melakukan infiltrasi dari udara dengan menggunakan satu unit helikopter Super Puma dan Bell. Pasukan yang berada di atap gedung menuruni gedung dengan tali  dan meledakkan kaca gedung untuk memberikan unsur kejutan sekaligus menerobos masuk ke dalam gedung yang dikuasai teroris.

Teroris yang menyadari kedatangan pasukan anti teror TNI kemudian berusaha melarikan diri dengan kapal cepat sambil membawa sandera. Teroris yang berusaha kabur itu sempat terlibat baku tembak dengan personel TNI.

Sejumlah teroris berhasil dilumpuhkan dengan bantuan anjing pemburu (K9) TNI, namun ada yang berhasil mencapai kapal cepat dengan membawa seorang sandera.
Operasi pengamanan garis pantai dalam simulasi operasi penanggulangan teror oleh pasukan Satgultor TNI di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Selasa (9/4). (ANTARA News/Fianda Rassat)


Pasukan Gultor TNI yang berjaga pantai kemudian melakukan pencegatan terhadap kapal cepat teroris untuk kemudian melumpuhkan teroris dan membebaskan sandera.

Sandera yang berada di atas kapal  membutuhkan evakuasi cepat sehingga pasukan Gultor kemudian mengerahkan satu unit helikopter Bell untuk mengevakuasi sandera, namun karena situasi yang tidak memungkinkan untuk evakuasi dengan helikopter, akhirnya sandera di evakuasi dengan kapal cepat milik pasukan anti terror TNI.

Bagian akhir simulasi adalah operasi penyisiran oleh Unit Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) di lokasi penyanderaan untuk melakukan deteksi dan evakuasi terhadap bahan peledak yang ditemukan di lokasi penyanderaan.

Setelah lokasi dinyatakan steril kode Bravo Zulu kemudian diumumkan sebagai sinyal bahwa misi berhasil dilaksanakan dan dilanjutkan dengan penyerahan teroris yang berhasil di tangkap kepada satuan kewilayahan dan kepolisian.

Latihan gabungan penanggulangan terorisme ini mengusung tema "Satgultor TNI Melaksanakan Penanggulangan Aksi Terorisme di Wilavah DKI Jakarta Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI."

Tujuan diadakannya latihan ini adalah menguji kesiapsiagaan Satgultor TNI untuk melaksanakan operasi penanggulangan terorisme dalam rangka menghadapi kemungkinan ancaman terorisme yang diperkirakan akan terjadi.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanyo, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna turut hadir di lokasi simulasi.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2019