Paris (ANTARA) - Saham-saham Prancis berakhir lebih tinggi pada perdagangan Selasa (16/4), dengan indeks acuan CAC-40 di Bursa Efek Paris naik 0,36 persen atau 19,94 poin, menjadi 5.528,67 poin.

Dari 40 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks CAC-40, tercatat 28 saham perusahaan membukukan kenaikan harga.

Perusahaan periklanan dan humas multinasional Prancis Publicis Groupe melonjak 3,71 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar (top gainer) di antara saham-saham unggulan atau blue chips.

Diikuti oleh saham produsen elektronik dan semikonduktor multinasional Prancis-Italia STMicroelectronics yang bertambah 2,14 persen, serta perusahaan optik mata internasional berbasis di Prancis EssilorLuxottica naik 2,12 persen.

Sementara itu, grup perusahaan migas terbesar Prancis Total mengalami kerugian terbesar (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya kehilangan 1,03 persen.

Disusul oleh saham perusahaan transformasi digital terkemuka Prancis Atos yang melemah 1,31 persen, serta Pernod-Ricard, perusahaan Prancis yang memproduksi minuman beralkohol, turun 1,79 persen.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019