Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Manila menyampaikan bahwa dua tempat pemungutan suara (TPS) di Manila sudah mulai melakukan penghitungan suara dari hasil Pemilu WNI di Filipina.

Tepat pukul 14.00 pada Rabu, 17 April 2019 waktu setempat, proses penghitungan suara di dua TPS Manila dimulai, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis PPLN Manila yang diterima di Jakarta, Rabu.

Penghitungan suara oleh PPLN Manila itu disaksikan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di Manila dan sekitarnya, serta staf KBRI Manila.

Pada kesempatan itu, hadir pula saksi dari Partai Golkar bernama Kashim Nema dengan membawa surat mandat dari DPP Partai Golkar.

Penghitungan suara dari 1.194 pemilih di dua TPS tersebut, diperkirakan akan memakan waktu beberapa jam ke depan dan akan dilanjutkan dengan penghitungan suara dari Kotak Suara Keliling (KSK) dan pos.

Diharapkan rekapitulasi akhirnya dapat dilaporkan pada malam ini, demikian disampaikan dalam keterangan PPLN Manila.

Sebelumnya, masyarakat Indonesia yang berada di Filipina telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang diselenggarakan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Manila pada Minggu, 14 April.  
Baca juga: Kemlu pastikan penghitungan suara pemilu luar negeri tetap 17 April
Baca juga: Masyarakat Indonesia di Filipina antusias ikuti Pemilu 2019

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019