counter

PPMI Kairo selenggarakan MTQ Internasional di Universitas Al Azhar

PPMI Kairo selenggarakan MTQ Internasional di Universitas Al Azhar

Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzi membuka kegiatan MTQ Internasional yang diselenggarakan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, Senin (22/4/2019). ANTARA/KBRI Kairo/aa

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Kairo, untuk kedua kalinya menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir.

MTQ Internasional diadakan pada 22 dan 27 April 2019, setelah sebelumnya diadakan pada April tahun lalu, demikian keterangan tertulis KBRI Kairo, Selasa.

Pembukaan MTQ Internasional digelar di Auditorium Markaz Syekh Zayed Center di komplek Universitas Al Azhar, 6th District, Nasr City, Kairo, pada Senin (22/4).

Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzi dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasi kepada PPMI dan panitia yang telah berhasil menghelat kegiatan MTQ Internasional di Universitas Al Azhar, Mesir. MTQ merupakan bagian dari tradisi Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia yang secara rutin digelar di tingkat daerah maupun nasional.

Penyelenggaraan MTQ juga merupakan salah satu upaya untuk menciptakan generasi yang dapat memahami kandungan Al Quran secara benar sebagai bekal untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks.

"Pengamalan ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al Quran secara benar dalam interaksi sehari-hari pada akhirnya dapat mewujudkan Islam yang damai, yang memberikan rahmat bagi semesta alam,” kata Dubes RI.

Selain dihadiri Dubes Helmy Fauzi, pembukaan MTQ turut dihadiri beberapa pimpinan universitas Al Azhar Mesir dan para dewan juri yang juga merupakan ulama Al Azhar. Selain itu hadir pula Direktur dari The World Organization of Al-Azhar Graduates (WAAG) Dr. Bara’ Sofwan, serta beberapa pejabat dari KBRI Kairo.

MTQ diikuti 50 peserta dari 23 negara, antara lain, Irak, Malaysia, Filipina, Tanzania, Singapura, Djibouti, Turki, Kazakhstan, Tajikistan, Pakistan, Afghanistan, Kirgistan, Brunei Darussalam, Spanyol, Indonesia, Sri Lanka, Sudan, Senegal, Nigeria, Chad, Uganda, Bangladesh, dan Mali.

Para peserta MTQ akan berpartisipasi pada dua cabang lomba, yaitu MTQ dan MHQ Internasional. 

PPMI sebagai penyelenggara juga turut mengirimkan peserta dari mahasiswa Indonesia di Universitas Al Azhar pada dua kategori lomba pada MTQ tersebut.

Pembukaan dan babak penyisihan diselenggarakan pada 22 April 2019. Selanjutnya babak final sekaligus penutupan MTQ akan diadakan pada 27 April 2019.

Baca juga: Qori Indonesia raih juara pertama MTQ Internasional Iran

Baca juga: Bocah asal Kabupaten Bogor juara pertama MTQ Internasional di Qatar

Baca juga: Lebih dari 7.000 WNI di Mesir lakukan pencoblosan di KBRI Kairo

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bupati Pandeglang dorong MTQ Pandeglang tingkatkan kualitas

Komentar