Ternate (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok  di berbagai pasar rakyat dan pasar swalayan menjelang Ramadan dengan harga terjangkau.

"Kami telah melakukan monitor seluruh kebutuhan sembako terutama di wilayah Ternate, secara umum tersedia dan harga tidak mengalami kenaikan," kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kemendag Kasan saat memantau harga bahan kebutuhan pokok di berbagai pasar di Kota Ternate, Selasa.

Menurut dia,  harga bahan kebutuhan pokok seperti untuk daging sapi masih stabil yakni Rp120.000 per kg, beras medium Rp10.000 per kg dan berbagai stok sayur mayur yang didatangkan dari Pulau Halmahera dan Manado tetap tersedia, sehingga tidak terjadi kenaikan menjelang Ramadan nanti.

Sedangkan ntuk harga bawang terjadi kenaikan yang  sebelumnya dijual Rp50.000 per kg, menjadi Rp60.000 per kg, sedangkan bawang merah biasanya dijual Rp45.000 kini Rp50.000 kg.

Oleh karena itu, pihaknya akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi adanya kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok tersebut.

Dalam kunjungannya di Malut itu, Kasan bersama rombongan melakukan identifikasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di pasar rakyat.

Selain itu, melakukan kunjungan ke Pelabuhan Ahmad Yani untuk mengetahui persoalan distribusi berbagai bahan pokok dari berbagai daerah ke Kota Ternate, meninjau gudang distributor Firma Agung, meninjau ketersediaan beras di gudang Bulog dan meninjau harga di ritel modern Hypermart Kota Ternate.

Sementara itu, Kadisperindag Kota Ternate, Nuryadin Rahman ketika dikonfirmasi menyatakan, pihaknya akan mengantisipasi kenaikan harga sembako seminggu sebelum bulan Ramadan, agar harganya kembali stabil seperti semula, terutama untuk harga bawang merah dan bawang putih.

Kendati demikian, dirinya menjamin ketersediaan kebutuhan pokok di daerah itu selama Ramadan tahun ini, walaupun sebagian besar kebutuhan pokok itu harus didatangkan dari provinsi lain terutama dari Sulawesi maupun Jawa.


Baca juga: Mendag pastikan harga kebutuhan pokok terkendali
Baca juga: Presiden Jokowi minta stabilitas harga dijaga jelang Ramadan

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019