counter

Indonesia-India peringati 70 tahun hubungan diplomatik

Indonesia-India peringati 70 tahun hubungan diplomatik

Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir menyampaikan sambutan dalam acara peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India di Jakarta pada Selasa (23/4/2019). (ANTARA/Yuni Arisandy)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri RI bersama dengan Kedutaan Besar India di Jakarta merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik yang dijalin antara Indonesia dan India sejak 1949.

"Bagi beberapa orang 70 tahun hubungan diplomatik mungkin dianggap masih singkat, namun untuk Indonesia itu hampir sama dengan usia kemerdekaan Indonesia," ujar Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir saat memberikan sambutan pada acara perayaan tersebut di Jakarta, Selasa.

Terlepas dari masa 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India, lanjut Wamenlu Fachir, hubungan kedua negara telah berlangsung sejak lama, yakni melalui hubungan antarmasyarakat kedua bangsa.

"Kita (Indonesia dan India) telah menjalin hubungan yang lama. Banyak kata-kata dan nama di Indonesia berasal dari bahasa sansakerta. Banyak candi yang berdiri di Indonesia juga menjadi pengingat akan warisan hubungan budaya kedua bangsa," ucap Wamenlu Fachir.

Menurut Wamenlu RI, Indonesia dan India telah membangun suatu ikatan yang kuat dalam berbagai bidang, yang salah satunya dimulai dengan gerakan kemerdekaan negara-negara melalui Konferensi Asia-Afrika.

Selanjutnya, kedua negara menjalin kemitraan strategis pada 2005, yang kemudian ditingkatkan menjadi kemitraan strategis komprehensif pada 2018.

Pada kesempatan itu, Duta Besar India untuk Indonesia
Pradeep Kumar Rawat mengatakan bahwa hubungan yang erat antara kedua negara telah terjalin sejak zaman nenek moyang kedua bangsa.


"Bahkan kedua bangsa memiliki filosofi yang sama, yakni Bhineka Tunggal Ika di Indonesia dan Kesatuan dalam Keberagaman (unity in diversity)," ujar Pradeep.

Dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India, Kedubes RI di India dan Kedubes India di Jakarta berupaya mendorong penguatan hubungan bilateral, terutama hubungan antarmasyarakat (people-to-people contact), melalui berbagai kegiatan.

Pada acara peringatan itu, pihak Kementerian Luar Negeri RI bersama Kedutaan Besar India di Jakarta meluncurkan prangko bertema 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India yang dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia. 
Baca juga: Terbuai romantisme Bung Karno dan Nehru
Baca juga: Antara Doeloe: Penari dan ahli musik India mempeladjari tehnik2 tari2an Indonesia
Baca juga: Indonesia dan India Jajaki Kerjasama Industri Pertahanan

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kantor Berita Antara terima Penghargaan Adam Malik 2019

Komentar