Jakarta (ANTARA) - Mulai dari harga tiket pesawat, yang mahal dan berakibat penurunan okupansi hotel antara 20-40 persen hingga kredit bank tumbuh 11,55 persen, menjadi bagian dari tujuh berita ekonomi paling menarik sepanjang Rabu kemarin, yang masih penting untuk disimak.
Berikut berita-beritanya;

1. Okupansi hotel turun 20-40 persen akibat tingginya tiket pesawat

Tingginya harga tiket pesawat menyebabkan penurunan okupansi rata-rata hotel secara nasional sekitar 20 sampai dengan 40 persen selama periode Januari-April 2019, kata Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran.

Dia menjelaskan bahwa biasanya secara tahunan penurunan okupansi rata-rata hotel pada Januari tidak sebanyak itu, dimana saat low season pihaknya mencatat penurunan okupansi hanya sekitar 10 persen.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

2. Luhut pastikan proyek Belt and Road Initiatives gunakan skema B-to-B

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan proyek-proyek yang masuk dalam program Belt and Road Initiatives yang diinisiasi China menggunakan skema "Business to Business" (B to B).

Luhut menegaskan proyek-proyek tersebut murni dilakukan secara Business-to-Business, di mana pemerintah Indonesia dan China hanya memfasilitasi bertemunya masing-masing badan usaha dari kedua negara.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

3. Menperin: insentif "super deductible tax" diberlakukan semester I

Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto mengatakan insentif fiskal "super deductible tax" atau pemotongan pajak kepada industri yang melakukan kegiatan pendidikan dan vokasi ditargetkan mulai berlaku pada semester I tahun ini.

Insentif super deductible tax merupakan penambahan faktor pengurangan penghasilan bruto sebesar 200 persen dari biaya yang dikeluarkan perusahaan.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

4. Garuda Indonesia rampingkan jajaran direksi

PT Garuda Indonesia (Persero) merampingkan jajaran direksi sebagai upaya menciptakan efisiensi sesuai hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

“Organisasi layanan dan teknik djadikan satu karena kami ingin lebih efisien. Layanan itu terkait dengan teknik, dari teknologi informasinya, entertainment-nya. Ini dimaksudkan agar Garuda lebih slim,” kata Direktur Niaga Pikri Ilham Kuniansyah.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

5. Konglomerasi Perbankan BUMN masih sesuai rencana di Mei

PT. Bank Rakyat Indonesia menyatakan pendirian pembentukkan konglomerasi usaha (holding) Perbankan BUMN masih sesuai rencana untuk direalisasikan di Mei 2019.

"Jadi target pendirian di semester I itu masih 'on the track'. Jadi mungkin proses berikutnya adalah tinggal di lintas kementerian," kata Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

6. Lebaran 2019, penerbangan domestik Adisutjipto dialihkan ke BIY

Kementerian Perhubungan melakukan kajian atas rencana mengalihkan penerbangan domestik dari Bandara Adisucipto Yogyakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada arus mudik Lebaran 2019.

"kami tengah mengkaji agar sebagian penerbangan di Maguwo itu dipindahkan ke bandara baru di Temon. Terutama penerbangan domestik destinasi luar Jawa seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan lainnya," kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

7. OJK : Kredit bank tumbuh 11,55 persen pada kuartal I 2019

Pertumbuhan kredit bank di kuartal I 2019 sebesar 11,55 persen secara tahunan (year on year/yoy), ditopang pembiayaan ke sektor tambang dan konstruksi, kata Otoritas Jasa Keuangan.

Sementara, kredit perbankan kepada industri pengolahan yang merupakan salah satu sektor dengan porsi kredit terbesar naik 9,5 persen (yoy).

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

Baca juga: Kemarin, Kereta sleepers Lebaran sampai PLN siap kooperatif dengan KPK

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019