Formula 2

Sean Gelael raih poin pertama musim ini

Sean Gelael raih poin pertama musim ini

Pebalap tim Prema Racing Sean Gelael berlaga di GP Azerbaijan. (Humas Tim Jagonya Ayam)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Muhammad Sean Gelael meraih poin pertamanya di Formula 2 musim ini pada balapan Feature F2 di Sirkuit Baku, Azerbaijan, Sabtu.

Pebalap tim Prema Racing itu finis di posisi tujuh namun naik ke peringkat lima setelah pebalap tim Uni Virtuosi Racing Luca Ghiottho dan pebalap Campos Racing Dorian Boccolacci mendapat penalti turun peringkat. Dengan hasil itu Sean berhak atas 8 poin dari balapan pertama pekan ini di Baku.

Hasil yang cukup impresif mengingat Sean mengawali balapan seri kedua musim ini dari posisi paling belakang.

Feature Race Kejuaraan FIA Formula 2 2019 di Sirkuit Baku, Azerbaijan, berjalan dramatis. Seperti kebanyakan balapan di trek jalan raya, sejumlah insiden kecelakaan mewarnai balapan di Baku hari itu

Ketika awal drama terjadi tak lama selepas start, pebalap Team Jagonya Ayam Sean Gelael berhasil menghindari tabrakan beruntun di Tikungan 1 itu.

Sean yang start dari P19 memanfaatkan kesempatan melihat kejadian di depannya. Dia berhasil menghindari insiden tersebut dan memanfaatkannya untuk memperbaiki posisinya. Di akhir Lap 1 pebalap tim PREMA Racing itu melesat di posisi 10.

"Sesungguhnya kecepatan mobil kami memang ada di sepuluh besar dan saya tenang setelah ada di sana," ujar Sean dalam pernyataan tertulis.

Baca juga: Sean Gelael incar poin pertama di Baku

Sean mencoba untuk tidak membuat kesalahan dan sebisa mungkin menjauhi potensi masalah dengan pebalap lain.

Menjelang akhir balapan, Sean disusul oleh Luca Ghiotto, sehingga melorot ke posisi 7.

Pebalap asal Italia itu diganjar penalti karena melakukan kontak dengan mobil Sergio Sette Camara sehingga menyebabkan mobil pebalap asal Brazil itu melintir dan menabrak tembok pembatas ketika Safety Car diberlakukan. Pebalap tim DAMS itu tidak bisa melanjutkan balapan.

Ghiotto mendapat penalti tambahan waktu lima detik sehingga di akhir balapan dia mundur dari P6 ke P9.

Pebalap tim Campos Racing Jack Aitken keluar sebagai juara di Baku, diikuti oleh Nyck de Vries dari tim ART Grand Prix di runner-up dan Jordan King dari tim MP Motorsport di peringkat tiga.

"Akhirnya saya pecah poin juga. Kita lihat besok akan seperti apa berbekal hasil ini. Saya yakin dengan performa mobil kami dan semoga kembali meraih hasil bagus," ujar Sean yang pada Sprint Race hari Minggu (28/4) akan start dari P3.

Sementara itu rekan satu tim Sean, Mick Schumacher, gagal finis pada balapan hari ini.

Baca juga: Nyaris celakai petugas lintasan, Sean Gelael dihukum start di belakang
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar