Padang, (ANTARA) - Pelatih kepala Semen Padang Syafrianto Rusli menyatakan optimistis tim asuhannya dapat mencapai target duduk di lima besar dalam kompetisi Liga 1 2019 yang akan bergulir di bulan ini.

“Saya yakin dengan kualitas pemain saya meskipun banyak pemain muda namun secara perlahan mereka akan berproses dalam kompetisi ini menjadi pemain berkualitas nantinya,” kata dia di Padang, Kamis.

Menurut dia timnya saat ini membutuhkan uji coba dengan tim selevel namun hingga saat ini belum menemukan lawan tersebut sehingga evaluasi tim belum terlalu terlihat.

“Pertandingan dengan tim selevel tentu akan memperkuat persiapan tim dalam menghadapi liga ini nantinya. Kita terus berupaya untuk hal tersebut,” katanya.

Selain itu dirinya menyatakan bersedia diganti oleh manajemen apabila mengalami tiga kekalahan beruntun di kandang mereka yakni Stadion Haji Agus Salim Kota Padang, Sumatera Barat.

“Saya bersedia mengundurkan diri dari tim jika kalah tiga kali beruntun di kandang, lebih baik saya jatuh daripada tim yang harus jatuh,” kata dia.

Sementara terkait kondisi mental pemain, dirinya terus berdiskusi dengan pemain senior serta manajemen untuk menentukan langkah yang akan diambil dalam menghadapi Liga 1 2019.

Sebelumnya Semen Padang mengalami degradasi pada 2017 yang disebabkan berbagai hal dan beberapa pemain yang ada di tim tersebut masih bertahan dan berhasil membawa tim ‘Kabau Sirah’ tampil menawan di Liga 2 2018 serta keluar sebagai peringkat kedua dan berhak promosi ke Liga 1.

“Kita terus melakukan pembenahaan tidak hanya teknik semata juga secara psikologi dan kami telah sepakat dengan target tersebut,” kata dia.

Direktur Utama PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Rinold Thamrin mengatakan tim Semen Padang merupakan satu kesatuan dan apabila terjadi kesalahan itu merupakan kesalahan bersama, bukan hanya salah pelatih seorang.

“Kita semua bertanggungjawab atas apapun yang diraih tim dan kami di sini bekerja sama dengan baik dan peniuh kekeluargaan untuk mencapai target tersebut,” kata dia.
Baca juga: Semen Padang diperkuat 27 pemain arungi Liga 1

Baca juga: Semen Padang resmi kontrak Dedi Gusmawan


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019