counter

Piala Sudirman

Ahsan tetap puasa di tengah latihan jelang Piala Sudirman

Ahsan tetap puasa di tengah latihan jelang Piala Sudirman

Pemain bulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan ditemui usai latihan jelang Piala Sudirman di PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (9/5/2019). (Antara/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Pemain bulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan tetap menjalani ibadah puasa Ramadhan di tengah latihan menjelang kejuaraan dunia beregu campuran Piala Sudirman yang akan digelar di Nanning, China, 19-26 Mei 2019.

"Saya baru latihan hari ini, Insya Allah saya coba (puasa), yang penting kan niatnya dulu," ujar Ahsan saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis.

Meski berpuasa, katanya, tidak ada perubahan jadwal latihan.

Ahsan dan pasangannya Hendra Setiawan yang pekan lalu meraih gelar di Selandia Baru, akan memperkuat tim Merah Putih  di Piala Sudirman.

Berbeda dengan Ahsan, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memilih untuk tidak menjalankan ibadah puasa saat Ramadhan kali ini.

"Enggak (puasa) hari ini. Kemarin coba setengah hari puasa, habis itu malamnya agak lemes gitu," kata Rian.

Hal senada juga disampaikan Fajar. Dia mengatakan akan berpuasa pada hari libur, Sabtu dan Minggu. Fajar berencana untuk mengganti puasa usai Lebaran nanti.

"Bingung juga. Kita berpuasa, di sisi lain kewajiban kita sebagai atlet harus menjaga kondisi. Hari lain saat latihannya padat mungkin kita enggak puasa, bukannya enggak mau puasa, tapi stamina kita persiapkan," ujar Fajar.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengatakan PBSI memberikan kebebasan kepada semua atlet untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Namun, Susy berharap para atlet bersikap profesional, mengetahui kondisi tubuh dan tidak memaksakan diri agar tidak sakit.

"Karena kita tahu ini tugas negara, kita tahu atlet itu harus profesional, harus tanggung jawab, harus mengerti kondisi diri masing-masing pribadi. Kita kembalikan lagi ke atletnya masing-masing," ujar Susy.

Tim bulu tangkis Indonesia akan berlaga pada kejuaraan Piala Sudirman pada 19-26 Mei di Nanning China. Pada babak penyisihan grup, Indonesia akan menghadapi tim Denmark dan Inggris. Dua tim teratas lolos ke perempat final.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Strategi Fajar-Rian jelang Piala Sudirman

Komentar