Memanfaatkan bulan Ramadhan yang bagi Muslim merupakan bulan penuh berkah masyarakat diajak bersama membela Palestina dengan kedermawanan
Padang, (ANTARA) - Lembaga bidang kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak masyarakat berdonasi untuk mendukung program Kapal Kemanusiaan yang akan membawa bantuan pangan bagi warga Palestina.

"Tahun ini kami punya target Kapal Kemanusiaan kedua bisa membawa 10.000 ton paket pangan bagi warga di Palestina," kata Kepala ACT Cabang Sumatera Barat, Zeng Wellf di Padang, Senin.

Kapal Kemanusiaan pertama pada tahun sebelumnya telah membawa sebanyak 2.000 ton beras untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan warga Palestina.

Untuk mendukung program Kapal Kemanusiaan, ACT Cabang Sumbar menghimpun donasi melalui pemangku kepentingan di daerah setempat serta perusahaan milik negara dan daerah yang beroperasi di Sumbar.

Selain itu dukungan untuk mengumpulkan donasi juga dilakukan oleh sejumlah organisasi atau komunitas di Sumbar seperti dari mahasiswa, komunitas Muslimah dan lainnya lewat aktivitas di titik-titik keramaian.

Ia menjelaskan pada dua hari jelang Ramadhan 1440 Hijriah, militer Israel kembali melakukan serangan terhadap Palestina sehingga menyebabkan belasan warga dilaporkan tewas akibat peristiwa itu.

"Termasuk seorang ibu beserta bayinya juga dilaporkan tewas. Kondisi ini tentu sangat memrihatinkan apalagi hanya selang dua hari sebelum warga di sana menunaikan ibadah Ramadhan," ujarnya.

Karena kondisi tersebut, pihak ACT berupaya meningkatkan pengumpulan bantuan dan penyalurannya untuk menyokong kebutuhan masyarakat di Palestina melalui dapur umum, paket pangan, tangki air bersih dan sejumlah bentuk bantuan lain yang bermanfaat.

Memanfaatkan bulan Ramadhan yang bagi Muslim merupakan bulan penuh berkah ia mengajak masyarakat bersama membela Palestina dengan kedermawanan.

Bantuan dari masyarakat dapat disalurkan melalui rekening BNI Syariah 66 000 44001 atas nama Aksi Cepat Tanggap.

"Palestina saat ini sedang dilanda krisis baik itu dari segi ekonomi, pendidikan, pangan, air bersih dan lainnya. Donasi dari masyarakat akan membantu melayarkan Kapal Kemanusiaan dan mendukung program lain yang dijalankan untuk membantu Palestina,"  demikian Zeng Wellf.

Baca juga: Kapal Kemanusiaan ACT segera layarkan 10.000 ton beras ke Palestina

Baca juga: Serbuan Israel ke Kapal Kemanusiaan Tewaskan 19 Orang

Baca juga: Beras dari Indonesia tiba di Gaza

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019