counter

Dubes AS ternyata penonton setia Ramadhan Jazz Festival

Dubes AS ternyata penonton setia Ramadhan Jazz Festival

Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr, (tengah), menyampaikan sambutan pada pergelaran "Ramadhan Jazz Festival 2019" di halaman Masjid Cut Meutia, Jakarta, Sabtu (18/5/2019). (ANTARA News/Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr ternyata salah satu penonton setia ajang musik tahunan "Ramadhan Jazz Festival" yang digelar di halaman Masjid Cut Meutia, Jakarta.

Donovan terlihat di antara penonton pada pergelaran "Ramadhan Jazz Festival 2019", di Jakarta, Sabtu (18/5) malam, yang merupakan kerja sama Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) dengan WartaJazz.

Bahkan, panitia "Ramadhan Jazz Festival 2019" menyebut kehadiran Donovan kali ini merupakan yang ketiga kalinya sejak berkantor di Indonesia pada 2016.

"Terima kasih Bapak Dubes yang telah tiga tahun berturut-turut hadir di acara ini," kata penggagas Ramadhan Jazz Festival, sekaligus CEO Warta Jazz, Agus Setiawan Basuni.

Dalam sambutannya, Donovan menjelaskan bahwa musik jazz di AS berawal dari komunitas Amerika keturunan Afrika di New Orleans pada awal abad 20 yang kemudian berkembang di seluruh dunia.

Sejak saat itu, kata dia, musik jazz terus menjadi pengaruh dan inspirasi dalam berekspresi musik di dunia karena musik ini menyerap dan mentransformasi jenis-jenis musik lainnya.

Musik jazz, lanjut Donovan, merupakan contoh luar biasa yang merefleksikan kontribusi dari berbagai kelompok beragam yang membentuk sendi-sendi kehidupan manusia.

Menurut dia, musisi jazz dalam bermusik bebas mengekspresikan apa yang dirasakan melalui nada-nada unik yang pada saat bersamaan mereka bermain dalam satu grup musik.

Tentunya, Donovan mengatakan keberhasilan bermusik jazz sangat bergantung pada kolaborasi musik yang mereka mainkan satu sama lainnya.

Melalui pergelaran musik jazz kali itu, ia mengajak para penonton untuk merefleksikan kontribusi apa yang mampu diberikannya dalan kehidupan masyarakat untuk bersatu dalam keberagaman.

"Terima kasih banyak, dan Ramadhan karim," pungkas Donovan, disambut tepuk tangan para penonton yang memadati tempat itu.

"Ramadhan Jazz Festival 2019" sudah memasuki tahun kesembilan yang pada Ramadhan 1440 Hijriah ini mengangkat tema "Love Unites All" dengan tagline #Embrace Togetherness".

Berlangsung selama dua hari, mulai 17-18 Mei 2019, deretan artis dan penyanyi bergantian tampil, seperti Rizky Febian, Ecoutez, Maliq D'Essentials, dan Glenn Fredly pada hari pertama.

Pada hari kedua, giliran Tosca, Chiki Fawzi, Andre Hehanussa, Element Reunion, Barsena Bestandhi & Olivia Pardede, HiVi!, dan international performer Ramadhan Jazz Festival 2019, yaitu Jeremy Passion.

Pewarta: Peserta Susdape XIX/Zuhdiar L
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dari gorengan sampai diving bersama Dubes AS

Komentar