counter

Warga bisa kunjungi KRI Dewaruci bersandar di dermaga Lantamal VI

Warga bisa kunjungi  KRI Dewaruci bersandar di dermaga Lantamal VI

KRI Dewaruci (Ist) (Ist/)

Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) membuka kesempatan kepada warga masyarakat yang ingin melihat secara dekat dan naik ke kapal perang legendaris Indonesia, KRI Dewaruci yang sedang bersandar di Dermaga Lantamal VI.

"KRI saat ini sedangan sandar di Dermaga Lantamal VI dan bagi masyarakat yang ingin merasakan sensasi lebih dekat dengan kapal legendaris ini, bisa datang langsung ke lantamal," ujar Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan kapal yang sudah dihiasi dengan bermacam bendera negara tersebut kini sudah sandar di Makassar dan siap dikunjungi masyarakat kota Makassar.

Letkol Laut (P) Waluyo menyampaikan KRI Dewaruci kan bersandar selama tiga hari mulai dari (23-25/5) 2019 di Makassar dan menerim Open Ship bagi masyarakat umum kota Makassar .

"Oleh karena itu bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke kapal ini dapat datang langsung ke Dermaga Layang Mako Lantamal VI," katanya.

Dia menjelaskan KRI Dewaruci di buat di Jerman pada 1953 bersama dua kapal lainnya yang dibeli oleh Pemerintah Jerman dan Pemerintah Yugoslavia. Hanya saja, kedua kapal itu sudah karam.

"Tinggal KRI Dewaruci di Indonesia yang masih bertahan dan masih beroperasi dengan pengalamannya dalam berlayar di belahan dunia," katanya.

Ia mengatakan KRI Dewaruci ukurannya tidak terlalu besar tetapi dalam sejarahnya kapal yang penuh heroisme ini sudah berkeliling dunia dan mendapatkan banyak penghargaan internasional diantaranya Samkarya Nugraha, karena sudah melebihi masa dinasnya sebagai kapal latih.

"KRI Dewaruci meski memiliki mesin, namun tetap mengajarkan sistem kebaharian yang menggunakan kearifan lokal, misalnya untuk penentuan arah para taruna dilatih melihat tanda-tanda alam seperti bintang," ucapnya.

Baca juga: Prajurit TNI rayakan ulang tahun ke-65 KRI Dewaruci

Baca juga: KRI Dewaruci dijadikan latar belakang venue layar

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KRI Dewaruci sandar di Pelabuhan Semayang Balikpapan

Komentar