counter

Padang siapkan tiga objek wisata untuk libur Lebaran 2019

Padang siapkan tiga objek wisata untuk libur Lebaran 2019

Kepala Bidang Destinasi, Usaha, dan Industri Pariwisata Kota Padang Andree H Algamar. (ANTARA/Mutiara Ramadhani)

Kami telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dan tim Saber Pungli supaya tidak ada pungli di lokasi parkir, dan lainnya
Padang, Sumbar (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Padang, Sumatera
Barat, menyiapkan tiga objek wisata andalan selama libur Lebaran 1440 Hijriah, yakni Pantai Air Manis, Pantai Padang, dan Pantai Pasir Jambak.

Kepala Bidang Destinasi, Usaha, dan Industri Pariwisata Kota Padang Andree H Algamar di Padang, Jumat, mengatakan untuk objek wisata Pantai Air Manis selain membenahi infrastruktur dan fasilitas wisata, pihaknya juga membenahi menara pemantau untuk mengawasi pengunjung yang melakukan aktivitas seperti mandi di pinggir laut.

Menara pemantau ini penting untuk memastikan tidak ada anak atau warga yang terseret ombak ketika bermain di pantai.

"Di situ ada petugasnya dan masyarakat bisa melaporkan jika kehilangan anaknya, akan diumumkan melalui pengeras suara," katanya.

Petugas pemantau juga akan menyampaikan pengumuman atau peringatan bahaya seperti kapan boleh bermain di air dan kapan harus berakhir. Sebab bisa saja tiba-tiba ada pasang atau akan gelap harus bersiap-siap untuk pulang.

Di objek wisata Pantai Padang pihaknya telah membenahi lahan parkir yang luas, tempat pejalan kaki, arena bermain, toilet hingga mushala bagi pengunjung yang akan melaksanakan shalat.

Sedangkan di Pantai Pasir Jambak, pihaknya telah membenahi pondok-pondok istirahat keluarga. Membangun gazebo-gazebo agar lebih banyak menampung pengunjung.

Kepada pengunjung ia berpesan tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan selama berada di objek wisata, karena banyak petugas keamanan yang berjaga dan bahkan Pantai Padang sudah dilengkapi kamera pemantau atau CCTV.

“Kami telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dan tim Saber Pungli supaya tidak ada pungli di lokasi parkir, dan lainnya,” ujarnya.

Pihaknya kemudian mengadakan rapat koordinasi dengan beberapa instansi seperti BPBD, Basarnas, kecamatan dan kelurahan, sehingga dipastikan tiga objek wisata ini siap dikunjungi.

Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan pementasan kesenian tradisional, Dinas Pariwisata memfasilitasinya di objek wisata Pantai Air Manis.

Masyarakat akan dihibur dengan penampilan sanggar tari dan ragam kebudayaan Minangkabau.

Kepada wisatawan yang akan berlibur ke Pantai Air manis agar tidak menggunakan bus, cukup dengan minibus roda empat saja agar tidak terjadi kemacetan menuju objek wisata karena jalannya masih sempit.

Baca juga: Belasan pemuda program BSBI pelajari seni budaya Minangkabau
Baca juga: Makam Syekh Burhanuddin Sumbar disiapkan jadi lokasi wisata religi

Pemkot Padang: Jangan rusak citra pariwisata dengan pungli

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar