counter

Harga kebutuhan pokok di Bantul naik menjelang Lebaran

Harga kebutuhan pokok di Bantul naik menjelang Lebaran

Ilustrasi - Pedagang kebutuhan pokok di pasar tradisional (ANTARA)

Kalau stok bahan pokok aman, bahkan hasil rapat di Disperindag DIY dan dari Bulog kemarin sudah menyampaikan stok yang cukup, sehingga jika sewaktu-waktu harga tinggi bisa koordinasi dengan Bulog untuk operasi pasar
Bantul (ANTARA) - Harga sejumlah kebutuhan pokok di tingkat pedagang pasar tradisional di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menjelang Lebaran 2019 mengalami kenaikan dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

"Memang ada beberapa komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, akan tetapi kenaikannya masih wajar," kata Kepala Seksi Distribusi dan Harga Bahan Kebutuhan Pokok Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul Zuhriyatun Nur Handayani di Bantul, Rabu.

Namun demikian, kata dia, dari hasil pantauan petugas di beberapa pasar tradisional di Bantul sampai minggu keempat Mei ini, secara umum harga barang kebutuhan pokok masih terkendali, meski sedikit mengalami kenaikan.

Harga kebutuhan pokok yang naik, di antaranya gula pasir dari harga sekitar Rp11.500 per kilogram menjadi kisaran Rp12.000 sampai Rp12.500 per kilogram, kemudian cabai merah keriting dari Rp25.000 menjadi Rp28.000 per kilogram.

Harga daging sapi naik dari Rp120.000 menjadi rata-rata Rp125.000 per kilogram, daging ayam ras naik dari Rp32.000 menjadi Rp34.000 per kilogram, daging ayam kampung naik dari Rp65.000 menjadi Rp70.000 per kilogram.

Dia mengatakan pergerakan harga kebutuhan pokok masyarakat tersebut yang terpantau di beberapa pasar tradisional.

Dalam pemantauan harga, petugas Dinas Perdagangan setempat secara rutin melakukannya di empat pasar besar di daerah itu.

"Kenaikan harga ini karena faktor permintaan masyarakat yang banyak, tren kebutuhan yang naik," kata dia.

Sebagai antisipasi agar harga kebutuhan pokok tidak semakin melonjak, Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul akan selalu melakukan pemantauan rutin agar ketersediaan dan harga tetap terkendali dan wajar.

Meskipun harga sejumlah kebutuhan pokok naik, kata dia, ketersediaan barang di pasar masih mencukupi, bahkan sejumlah distributor bahan pokok selalu siap mengirim pasokan bahan pokok menghadapi Lebaran 2019.

"Kalau stok bahan pokok aman, bahkan hasil rapat di Disperindag DIY dan dari Bulog kemarin sudah menyampaikan stok yang cukup, sehingga jika sewaktu-waktu harga tinggi bisa koordinasi dengan Bulog untuk operasi pasar," katanya.
 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Upaya Mendag tekan kenaikan harga jelang Nataru

Komentar