counter

Stasiun Jakarta Kota mulai layani pemberangkatan KA jarak jauh

Stasiun Jakarta Kota mulai layani pemberangkatan KA jarak jauh

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

..pelayanan KA jarak jauh di Stasiun Jakarta Kota guna mengurangi kepadatan di Stasiun Pasar Senen
Jakarta (ANTARA) - Stasiun Jakarta Kota mulai melayani pemberangkatan dan kedatangan kereta api jarak jauh pada Rabu (29/5) sebagai bagian peningkatan layanan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) guna mengurangi kepadatan di Pasar Senen.

“KAI membuka pelayanan KA jarak jauh di Stasiun Jakarta Kota guna mengurangi kepadatan di Stasiun Pasar Senen,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Jakarta, Rabu.

Adapun KA Jarak Jauh yang memulai keberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota pada Rabu, 29 Mei 2019, yaitu KA Kutojaya Utara, KA Jayakarta Premium, dan KA Menoreh.

Bagi penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket ketiga KA tersebut dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, tetap bisa naik dari Stasiun Jakarta Kota dengan melakukan Check In dan Boarding di Stasiun Jakarta Kota.

Pastikan terlebih dahulu jadwal keberangkatan Anda, lalu datanglah lebih awal untuk melakukan Check In dan Boarding sehingga Anda dapat naik KA dengan tepat waktu, katanya.

Adapun detail jadwal KA jarak jauh di Stasiun Jakarta Kota adalah sebagai berikut, Kutojaya Utara rute Jakarta Kota-Kutoarjo PP, Jayakarta Premium Jakarta Kota-Surabaya PP dan Menoreh rute Jakarta Kota-Semarang Tawang PP.

Edi menyampaikan jumlah rata-rata penumpang per hari di Stasiun Pasar Senen sebanyak 12.000 orang, bahkan di musim Lebaran ini jumlahnya meningkat menjadi 22.000 orang per hari.

“Pemberangkatan KA jarak jauh dari Jakarta Kota ini ditujukan untuk memberikan alternatif stasiun keberangkatan kepada penumpang di wilayah Ibu Kota,” ujar Edi.

Untuk menunjang pelayanan kepada penumpang, KAI telah menyiapkan berbagai fasilitas di stasiun Jakarta Kota.

Peningkatan fasilitas itu di antaranya penambahan ruang tunggu penumpang KA jarak jauh dengan kapasitas hingga 1.000 penumpang, penyediaan dua loket go show, dua loket pembatalan, customer service on Station, dan dua mesin check in counter.

Untuk pelayanan naik dan turun penumpang, KA jarak jauh akan menggunakan Jalur 2 dan 3 yang ada di Stasiun Jakarta Kota.

Perlu diketahui bahwa di Stasiun Jakarta Kota, KAI tidak menyediakan loket reservasi untuk pemesanan tiket.

KAI hanya menyediakan loket Go Show untuk melayani pembelian tiket pada saat hari keberangkatan, tepatnya mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

Untuk pemesanan tiket H-90, penumpang bisa melakukannya di aplikasi KAI Access, website KAI, dan channel penjualan resmi lainnya.

“Dengan penambahan layanan KA Jarak Jauh, Stasiun Jakarta Kota diharapkan memudahkan masyarakat yang ingin bepergian dengan KA, apalagi stasiun ini juga sudah terintegrasi dengan moda KRL Commuterline. Selain itu, lokasi stasiun yang berada di kawasan wisata Kota Tua bisa mempermudah masyarakat untuk langsung menuju lokasi wisata yang ada,” kata Edi.

Baca juga: Kemenhub-KAI gelar program angkut motor gratis pada Lebaran 2019

PT KAI resmikan jembatan penghubung Stasiun Batu Ceper

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar