Pemudik akan diberangkatkan dari Pelabuhan Galala Ambon menggunakan kapal fery menuju Namlea, dengan mekanisme pendaftaran langsung di pelabuhan.
Ambon (ANTARA) -
PT Jasa Raharja Maluku menyiapkan 1.050 tiket mudik gratis menggunakan angkutan kapal fery ke Namlea kabupaten Buru.

Mudik gratis Jasa Raharja tahun 2019 dikhususkan bagi pejalan kaki atau tidak membawa kendaraan, menggunakan kapal fery tujuan Namlea pada 1-3 Juni 2019, kata Kepala Cabang PT Jasa Raharja Maluku, M. Iqbal Hasanuddin.

"Pemudik akan diberangkatkan dari Pelabuhan Galala Ambon menggunakan kapal fery menuju Namlea, dengan mekanisme pendaftaran langsung di pelabuhan," katanya, Rabu (29/5).

Ia mengatakan, masyarakat yang akan mengikuti program mudik gratis sifatnya langsung yakni datang di pelabuhan, mendaftarkan diri dengan menunjukkan KTP dan diberikan tiket untuk berangkat.

"Masyarakat yang tidak membawa kendaraan yang dilayani mudik gratis, cukup dengan menunjukkan KTP maka petugas kami akan mencatat nama, alamat dan nomor hp, kemudian diberikan tiket mudik gratis," katanya.

Iqbal menjelaskan, setiap hari kapal fery akan memberangkatkan 350 pemudik gratis, yang sesuai dengan kapasitas yang disiapkan kapal.

"Program mudik gratis Jasa Raharja di Maluku merupakan yang pertama di tahun 2019. Karena itu kita berharap program ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang ingin berlebaran di kampung halaman," ujarnya.

Tahun 2019 Jasa Raharja menyelenggarakan program mudik gratis yang terbagi di 85 rute di seluruh Indonesia.

Untuk pilihan transportasi disiapkan tiga pilihan transportasi yakni darat, laut dan udara.

Transportasi darat dapat menggunakan moda transportasi Bus atau Kereta Api, laut menggunakan kapal laut dan fery serta pesawat udara.

Jasa Raharja dipercayakan selaku ketua Satuan Tugas Mudik Bareng BUMN, ditugaskan untuk memfasilitasi 250.474 pemudik di seluruh Indonesia.

Program mudik bareng BUMN tahun 2019 ini diikuti oleh 104 BUMN atau naik 67,74 persen dibanding tahun lalu yang hanya diikuti 64 BUMN.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019