counter

MUI dorong penetapan Guru Tua sebagai pahlawan nasional

MUI dorong penetapan Guru Tua sebagai pahlawan nasional

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/ama)

Palu (ANTARA) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof KH Ma'ruf Amin mendorong penetapan pendiri perguruan Islam Alkhairaat Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufri atau Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua sebagai pahlawan nasional.

"Insya Allah akan kita dorong agar Beliau ditetapkan sebagai pahlawan nasional," katanya saat menyampaikan ceramah dalam acara halal bil halal yang diadakan MUI Sulawesi Tengah di Hotel Santika Palu, Jumat malam.

Menurut dia, jasa Guru Tua bagi kemajuan pendidikan di Sulawesi Tengah sangat besar.

"Beliau pantas diberi gelar pahlawan nasional. Nanti ada panitia di pusat. Kami akan memberi masukan-masukan agar Beliau bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional," katanya.

Sejumlah organisasi kemasyarakatan dan keagamaan sudah mendeklarasikan dukungan bagi penetapan Guru Tua sebagai pahlawan nasional. Organisasi-organisasi itu menilai pendiri perguruan Islam Alkhairaat yang berpusat di Kota Palu layak menjadi pahlawan nasional.
 
"Deklarasi ini kami tandatangani agar menjadi pertimbangan pemerintah pusat dalam menetapkan Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri (sebagai pahlawan nasional)," kata Ketua GP Ansor Sulawesi Tengah Alamsyah.

Baca juga:
Pemprov Sulteng perjuangkan pendiri Alkhairaat jadi pahlawan nasional

Gubernur DKI Jakarta dukung Guru Tua sebagai pahlawan nasional

Sambutan sholawat badar untuk Ma'ruf Amin

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar