counter

Kerja sama utara - utara bahas potensi sapi dan ikan budidaya

Kerja sama utara - utara bahas potensi sapi dan ikan budidaya

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou memberikan sambutan dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. (Foto Humas)

Gorontalo (ANTARA) - Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, menjadi salah satu narasumber dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh Badan Kerja Sama Utara - Utara (BKSU) di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, Kamis.

Ia menjelaskan ada beberapa poin penting dalam kegiatan yang mengangkat tema Kerja Bersama Kita Bangun Sentra Pengembangan Peternakan Sapi dan Perikanan Budidaya di Wilayah Utara - Utara tersebut.

"Pada dasarnya dalam pengembangan potensi yang dimiliki daerah, selain dibutuhkan dukungan dari kementerian atau lembaga terkait, rancangan kolaborasi hulu-hilir terbangun juga menjadi bagian penting sehingga bisa memberikan kesejahteraan masyarakat,' ucap Hamim.

Menurutnya, sudah selama lima tahun berjalan BKSU terus berkembang, membangun komitmen dan terus berfokus pada pengembangan sapi serta budidaya perikanan.

"Untuk sapi sendiri, Menteri Pertanian RI sudah mencanangkan di Kabupaten Bone Bolango dan harusnya satu juta ekor sapi itu juga bisa dihasilkan oleh daerah lainnya," ujarnya.

Daerah tersebut di antaranya adalah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, kemudian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara, adapun Kabupaten Gorontalo Utara, termasuk juga Kabupaten Boalemo, Gorontalo yang baru dikukuhkan sebagai anggota baru dari BKSU.

"Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman sudah membagi spesifikasi maupun kekhasan dari masing-masing daerah, dimana Kabupaten Buol menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Peternakan Sapi, kemudian Bolaang Mongondow Utara menjadi pabrik pakan ternak, sementara Bone Bolango menjadi industri kulit sapi," kata dia.*

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BMKG peringatan dini gelombang tinggi

Komentar