counter

Piala Afrika

Zimbabwe hanya bisa imbangi Uganda setelah buang banyak peluang

Zimbabwe hanya bisa imbangi Uganda setelah buang banyak peluang

Ekspresi kecewa penyerang sekaligus kapten tim nasional Zimbabwe Knowledge Musona seusai hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Uganda dalam laga penyisihan Grup A Piala Afrika 2019 di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Rabu (26/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Mohammed Abd El Ghany)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Zimbabwe harus puas dengan perolehan satu poin tambahan lantaran bermain imbang 1-1 kontra Uganda di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Kamis dini hari WIB, setelah membuang banyak peluang percuma.

Zimbabwe yang sempat tertinggal oleh Uganda akibat gol Emmanuel Okwi hanya bisa membalas lewat gol Khama Billiat, demikian catatan laman resmi turnamen.

Akibatnya, Zimbabwe tak bisa beranjak dari posisi ketiga klasemen Grup A dengan koleksi satu poin, di bawah Uganda (4) yang sementara masih berada di puncak.

Hasil itu juga membuat peluang Zimbabwe untuk menorehkan sejarah dengan pertama kalinya lolos dari fase penyisihan grup Piala Afrika perlahan menipis. Terlebih jika tuan rumah Mesir (3) bisa mengalahkan Republik Demokratik Kongo (0) dalam laga yang berlangsung Kamis dini hari WIB.

Zimbabwe yang memulai laga dengan inisiatif menyerang malah mendapati gawang mereka kebobolan lebih dulu lewat gol Okwi yang bereaksi cepat menyambar bola muntah hasil tembakan Lumala Abdu yang gagal diantisipasi sempurna kiper George Chigova pada menit ke-12.

Tim besutan Sunday Chidzambwa itu kemudian memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-23 saat Billiat melepaskan umpan matang kepada Knowledge Musona di hadapan gawang, namun tembakan penyelesaian sang kapten malah melambung di atas mistar gawang.

Zimbabwe baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-40 lewat sontekan jarak dekat Billiat menyambut umpan kiriman Ovidy Karuru di muka gawang.

The Warriors terus berusaha menekan Uganda saat memulai babak kedua, bahkan Musona memperoleh peluang emas lagi pada menit ke-51 namun kali ini tembakan jarak dekatnya malah membentur mistar gawang. Bola muntah berusaha disambar Talent Chawapiwa dari luar kotak penalti namun melenceng dari sasaran.

Zimbabwe memperoleh peluang lagi pada menit ke-68 saat Billiat mengirimkan umpan matang kepada Evans Rusike di muka gawang, namun tembakannya bisa diamankan kiper Denis Onyango.

Harapan Zimbabwe untuk lolos kini hanya tersisa dengan cara memenangi laga pamungkas melawan Kongo pada Senin (1/7) dini hari WIB di Stadion 30 Juni, ketika di waktu bersamaan Mesir meladeni Uganda.

Baca juga: Nigeria tim pertama ke 16 besar, usai menang tipis atas Guinea

Susunan pemain:

Uganda (4-2-3-1): Denis Onyango; Bevis Mugabi, Ronald Mukiibi, Hassan Wasswa, Godfrey Walusimbi; Khalid Aucho, Micheal Azira (Taddeo Lwanga); Lumala Abdu, Farouk Miya (Timothy Awany), Emmanuel Okwi (Allan Kyambadde); Patrick Kaddu
Pelatih: Sebastien Desabre

Zimbabwe (4-2-3-1): George Chigova; Tendayi Darikwa, Alec Mudimu, Teenage Hadebe, Divine Lunga; Thabani Kamusoko (Marshall Munetsi), Danisa Phiri; Talent Chawapiwa (Evans Rusike), Khama Billiat, Ovidy Karuru; Knowledge Musona
Pelatih: Sunday Chidzambwa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar