Jakarta (ANTARA) - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali mengadakan program Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) di lima kota Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal.

Lima kota terpilih program IKKON tahun ini diantaranya Kabupaten Aceh Utara, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Lombok Timur, Kota Kupang dan Kota Tomohon.

"Perlu dicatat bahwa kita tidak mengubah potensi lokal, tapi membuatnya semakin bagus sehingga bisa diterima di pasar lokal bahkan internasional," kata Kepala Bekraf Triawan Munaf saat jumpa pers IKKON 2019 di Jakarta, Jumat

IKKON merupakan sebuah program yang menempatkan sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal.

Dalam pelaksanaannya, diharapkan para peserta program IKKON dan masyarakat lokal dapat saling belajar, berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi, sehingga masing-masing pihak yang terlibat saling mendapat manfaat secara berkelanjutan.

"Konsep dari kolaborasi membutuhkan saling pengertian, saling berbagi dan kerja sama antara berbagai pihak yang terlibat di dalamnya," ujar Triawan.

Triawan Munaf mengaku bangga melihat perkembangan program IKKON yang telah berjalan sejak 2016 ini, dengan semakin bertambahnya karya kreatif yang dihasilkan dari potensi lokal dari tahun ke tahun.

"Ini pada akhirnya akan menambah pendapatan daerah juga jadi ujung-ujungnya adalah ekonomi," katanya.

Baca juga: Bekraf dorong pelaku startup tajam melihat peluang
Baca juga: Bekraf: Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia tertinggi di ASEAN
Baca juga: Ekonomi kreatif didorong jadi tulang punggung perekonomian nasional

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019