Piala Afrika

Maroko lolos ke 16 besar, Afsel, Mali siap menyusul

Maroko lolos ke 16 besar, Afsel, Mali siap menyusul

Penyerang tim nasional Maroko Youssef En-Neysri (19) bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan 1-0 atas Pantai Gading dalam laga kedua penyisihan Grup D Piala Afrika 2019 di Stadion Al Salam, Kairo, Mesir, Jumat (28/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)

Jakarta (ANTARA) - Maroko jadi tim keempat yang lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2019, sedangkan Afrika Selatan dan Mali siap menyusul usai memetik hasil positif dalam laga lanjutan penyisihan grup di Kairo dan Ismailia, Mesir, Jumat waktu setempat.

Maroko yang menghadapi Pantai Gading di Stadion Al Salam, Kairo, berhasil memetik kemenangan 1-0 berkat gol semata wayang Youssef En-Neysri pada menit ke-23.

Gol itu dicetak En-Neysri lewat sepakan kaki kiri menyambut umpan terobosan dari Nordin Amrabat.

Pada penghujung laga, Noussair Mazraoui hampir memperbesar kemenangan Maroko, namun tembakannya ditolak mistar gawang, namun tim besutan Herve Renard itu tetap berhasil memastikan raihan tiga poin dan kelolosan ke babak 16 besar dari Grup D.

Berkat kemenangan itu, Maroko memuncaki klasemen Grup D dengan raihan enam poin menggeser Pantai Gading (3) yang turun ke posisi kedua.

Pantai Gading kini dibayang-bayangi oleh Afsel yang meraih tiga poin penuh usai mengalahkan Namibia 1-0 di laga kedua di Stadion Al Salam lewat gol tunggal Bongani Zungu pada menit ke-68.

Baca juga: Pelatih Tanzania berang dua keunggulan terbuang berujung kekalahan

Afsel berpeluang untuk menyusul Maroko ke babak 16 besar, bersama tiga tim lain yang sudah berada di sana, yakni tuan rumah Mesir dari Grup A, Nigeria dari Grup B dan Aljazair dari Grup C.

Mali yang berada di Grup E sebetulnya berpeluang untuk lebih dulu melangkah ke babak 16 besar, namun mereka cuma bisa bermain imbang 1-1 melawan Tunisia.

Keunggulan yang diraih Mali pada menit ke-60 lewat gol Diadie Samassekou hanya bertahan 10 menit sebelum disamakan oleh Tunisia melalui Wahbi Khazri.

Kendati demikian, Mali tetap mantap berada di puncak klasemen Grup E dengan koleksi empat poin di atas Tunisia (2).

Baca juga: Pemain Zimbabwe ancam boikot akibat gaji tak dibayar

Baca juga: Mesir panggil lagi Warda meski dituduh pelecehan seksual

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar