Sepak Bola Dunia

Haiti singkirkan Kanada untuk melaju ke semifinal Piala Emas

Haiti singkirkan Kanada untuk melaju ke semifinal Piala Emas

Kiper Haiti Jhony Placide (1) merayakan kemenangan bersama bek Andrew Jean Baptiste (16) setelah timnya mengalahkan Kanada pada pertandingan perempat final Piala Emas 2019 yang dimainkan di Houston, AS, pada Minggu (30/6/2019 ) pagi WIB. (ANTARA/USA TODAY Sports/Thomas Shea)

Jakarta (ANTARA) - Haiti mengukir sejarah dengan berhasil lolos ke semifinal Piala Emas 2019, setelah mereka menang 3-2 atas Kanada dalam pertandingan perempat final yang berlangsung di Stadion NRG, Houston, AS, pada Minggu pagi WIB.

Negara Karibia ini sebelumnya sudah pernah menjadi juara pada turnamen level CONCACAF, namun saat itu turnamen tersebut hanya diikuti enam peserta, dan belum menerapkan format seperti saat ini.

Kanada memimpin terlebih dahulu melalui gol-gol yang dikemas Jonathan David (18') dan Lucas Cavallini (28'), ketika pasuka Les Rouges memegang kendali permainan pada babak pertama, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Namun Haiti, yang memenangi ketiga pertandingannya di fase grup, mampu membalikkan keadaan melalui penampilan gemilang pada babak kedua.

Kebangkitan mereka dimulai lima menit setelah babak kedua bergulir, Duckenz Nazon mampu memaksimalkan operan ke belakang yang buruk dari Marcus Godinho untuk memperkecil ketertinggalan Haiti. Herve Bazile kemudian menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti pada menit ke-70.

Wilde-Donald Guerrier melengkapi kebangkitan timnya enam menit kemudian, ketika ia menerima umpan bagus dari Nazon dan menaklukkan kiper Kanada.

Haiti selanjutnya akan berhadapan dengan pemenang pertandingan Meksiko atau Kosta Rika, yang sampai tulisan ini dibuat masih bertanding.

Susunan pemain:

Haiti (4-3-3): Johny Placide, Jens Geffrard, Andrew Jean-Balptiste, Alex Christian, Carlens Arcus, Bryan Alceus, Steven Sabat (Bicou Bissainthe 90'), Wilde-Donald Guerrier (Zachary Herivaux 83'), Herve Bazile, Frantzdy Pierrot (Derrick Etienne 62'), Duckens Nazon

Kanada (3-4-3): Milan Borjan, Derek Cornelius, Doneil Henry, Marcus Godinho, Scott Arfield, Jonathan Osorio (Mark-Anthony Kaye 64'), Alphonso Davies, Atiba Hutchinson, Junior Hoilett, Lucas Cavallini (Ashtogne Morgan 80'), Jonathan David

Baca juga: Haiti kalahkan Kosta Rika 2-1 pada Piala Emas

Baca juga: AS puncaki klasemen Grup D setelah tekuk Panama 1-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ratusan pencari suaka di Pekanbaru lakukan aksi damai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar