Koba, Babel (ANTARA) - Tiga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki peluang untuk menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, setelah partai berlambang banteng "moncong putih" itu berhasil meraih kursi terbanyak dalam Pemilu 2019.

"Kendati sudah digelar konfercab dan struktur organisasi DPC PDIP Bangka sudah berubah, namun penentuan siapa nanti ketua DPRD tetap mengacu pada struktur organisasi lama," kata Ketua DPD PDIP Babel, Didit Srigusjaya kepada Antara, Kamis.

Baca juga: PDIP raih suara terbanyak Pileg 2019 di Bangka Tengah

Ia menjelaskan, merujuk pada SK organisasi sebelum konfercab maka yang mempunyai peluang untuk menjadi Ketua DPRD Bangka Tengah adalah Edi Purwanto, Indra Gunawan, dan Me Hoa.

"Namun, semua itu bisa saja berubah jika ada kebijakan langsung dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, karena secara organisatoris tentu kita taat terhadap aturan organisasi," ujarnya.

Baca juga: Sembilan wajah baru akan mengisi kursi DPRD Bangka Tengah

Ia menyatakan, pada intinya penentuan siapa yang akan menjabat Ketua DPRD Bangka Tengah masih merujuk kepada struktur oganisasi DPC PDIP Bangka Tengah yang lama.

"Kecuali ada kebijakan langsung dari DPP PDIP dengan pertimbangan ada kepentingan lebih besar, maka itu bisa saja berubah," ujarnya.

PDIP Bangka Tengah berhasil meraih lima kursi DPRD dan sekaligus menasbihkan perolehan kursi terbanyak mengalahkan dominasi Golkar yang hanya meraih empat kursi.

Sembilan partai politik berhasil meraih kursi DPRD Kabupaten Bangka Tengah yaitu PDIP, Golkar, PPP, Gerindra, Nasdem, PKS, PAN, Demokrat, dan PKB.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019